JAKARTA, iNews.id – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) merespons antrean panjang yang terjadi di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/4/2020) pagi. Antrean terjadi karena pengurangan jam operasional kereta terkait Pembantasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di DKI Jakarta.
VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan, penumpukan penumpang di Stasiun Bogor pada Senin pagi ini karena masih banyak perusahaan yang belum menerapkan kerja dari rumah (WFH) bagi karyawannya. Namun, dia mengaku, penumpukan hanya terjadi di Stasiun Bogor saja.
"Numpuknya di pemberangkatan awal saja," katanya kepada iNews.id, Senin (13/4/2020).
Berdasarkan data sementara, Anne memaparkan, volume penumpang KRL berkisar 80.000-100.000. Menurut dia, PT KCI telah mengerahkan 4.000 lebih petugas di 80 stasiun dengan bantuan marinir sebagai bentuk penerapan PSBB.
PT KCI, Anne menuturkan, telah memenuhi intruksi penerapan PSBB virus corona. "Kami sebagai operator sudah memenuhi sesuai dengan instruksi PSBB yang dibuat. Kita lihat sendiri masih banyak masyarakat yang hendak bekerja," ujarnya.