20 Contoh Soal Aljabar Kelas 7, Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Punta Dewa
Contoh Soal Aljabar Kelas 7. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal aljabar kelas 7 beserta kunci jawaban dan pembahasannya bisa dijadikan media pembelajaran siswa. 

Aljabar adalah salah satu bentuk cabang ilmu dari matematika yang pembahasannya menyasar mengenai suatu penyederhanaan dan pemecahan masalah dengan memakai simbol pengganti. 

Dilansir dari beragam sumber, Kamis (6/3/2025) berupa konstanta dan variabel, karena ilmu ini bisa dikatakan sebagai salah satu cabang ilmu matematika dengan di dalamnya memiliki teori bilangan, geometri dan teori aljabar dalam sebuah penelitian.

20 Contoh Soal Aljabar Kelas 7 Beserta Kunci Jawaban dan Pembahasannya

Contoh Soal Aljabar Kelas 7 dan Kunci Jawaban

1. Hasil penjumlahan dari -3a –6b + 7 dan 13a – (-2b) + 4 adalah ....

A. 16a -8b + 11
B. 10a + 4b + 11
C. 10a -4b + 11
D. -16a -4b + 11

Pembahasan:

(-3a –6b + 7) + (13a – (-2b) + 4) = (- 3a + 13a) + (-6b + 2b) + (7 + 4) = 10a - 4b + 11

Jawaban: C

2. Hasil perkalian dari (4x - 5)(3x + 3) adalah ....

A. 12x² -3x - 15
B. 12x² +3x - 15
C. 12x² -27x - 15
D. 12x² + 27x + 15

Pembahasan:

(4x - 5) (3x + 3) = 12x² + 12x – 15x – 15 = 12x² – 3x – 15

Jawaban: A

3. Bentuk -6x² – x + 4y variabel-variabelnya adalah ....

A. -6, -1 dan 4
B. x² , x dan y
C. x + y
D. x² – 4y

Pembahasan:

Variabel adalah huruf yang ada pada suatu persamaan. Jadi, variabel dari -6x² – x + 4y adalah x² , x dan y.

Jawaban: B

4. Pada bentuk aljabar x² – 2x – 5 koefisien-koefisiennya adalah ....

A. x²
B. -2
C. - 2x dan - 5
D. -2 dan -5

Pembahasan:

Koefisien adalah angka didepan variabel. Jadi, koefisien dari x² – 2x – 5 adalah -2.

Jawaban: B

5. Diketahui bentuk aljabar 3a² -7a -9, suku yang merupakan konstanta saja adalah ....

A. 3a²
B. a
C. -7
D. -9

Pembahasan:

Konstanta adalah bilangan yang tidak dimuati variabel. Jadi, konstanta dari bentuk 3a² -7a -9 adalah -9.

Jawaban: D

6. 8p + 5q dikurangkan dengan 2p – 4q maka hasilnya adalah ....

A. 6p - q
B. 6p + 9q
C. -6p + q
D. -6p – 9q

Pembahasan:

(8p + 5q)-(2p – 4q) = (8p – 2p) + (5q + 4q) = 6p + 9q

Jawaban: B

7. Bentuk paling sederhana dari 4(2x – 5y) – 5(x + 3y) adalah ....

A. 3x – 2y
B. 3x – 17y
C. 3x – 5y
D. 3x – 35y

Pembahasan:

4(2x – 5y) – 5(x + 3y) = 8x – 20y – 5x – 15y = 3x – 35y

Jawaban: D

8. KPK dan FPB dari 6a² dan 8ab berturut-turut adalah ....

A. 48 a²b dan 2a
B. 24 a²b dan 4ab
C. 24 a²b dan 2a
D. 24 a²b dan 2ab

Pembahasan:

6a² = 2 × 3 × a²
8ab = 2³ × a × b
KPK dari 6a² dan 8ab = 24a²b = 2³ . 3 . a² . b
FPB dari 6a² dan 8ab = 2a = 2 . a

Jawaban : C

9. Jika a = 3, b = 0, c = -3 maka nilai dari [ax(b + c - a)] x (b + c) adalah ....

A. 54
B. 9
C. 0
D. -18

Pembahasan:

[ax(b + c - a)] x (b + c) = [3x(0 + (-3) - 3)] x (0 + (-3)) = [3 x (-6)] x (-3) = (-18) x (-3) = 54

Jawaban: A

10. Hasil pengerjaan dari (4c + 8d – 3e) – (6c + 2d – 2e) adalah ....

A. -2c + 6d + e
B. -2c + 6d - e
C. -2c + 10d + e
D. -2c + 10d - e

Pembahasan:

(4c + 8d – 3e) – (6c + 2d – 2e) = (4c-6c)+(8d-2d)-(3e+2e) = -2c + 6d - e

Jawaban: B

11. Selepas jam pelajaran, bu guru meminta tolong pada Yono dan Yani untuk buku tulis, pensil, dan penghapus yang akan dibagikan kepada teman-teman di kelas mereka. Yono membeli 2 kardus buku tulis, 1 kardus pensil, dan 5 penghapus. 

Adapun Yani membeli 2 kardus buku tulis, 2 kardus pensil, dan 3 penghapus. Total jumlah buku dan pensil di tiap kardus sama. Dari informasi ini, cari bentuk aljabar dari buku tulis, pensil, dan penghapus yang dibeli oleh Yono dan Yani!

Jawaban: 2 x + 1y + 5z (Yono) dan 2x + 2y +3z (Yani)

Penyelesaian soal cerita aljabar kelas 7 di atas tidak terlalu rumit, yakni:

a. Pembelian oleh Yono bisa dimisalkan:

2 kardus buku tulis = 2x

1 kardus pensil = 1y

5 penghapus = 5z

Jika diujumlah = 2 x + 1y + 5z

b. Pembelian oleh Yani bisa dimisalkan:

2 kardus buku tulis = 2x

1 kardus pensil = 2y

5 penghapus = 3z

Jika dijumlahkan = 2x + 2y +3z

Jadi, jumlah pembelian Yono adalah 2 x + 1y + 5z, sementara Yani sebanyak 2x + 2y +3z.

12. Joni punya tabungan di bank senilai Rp7.500.000. Sementara itu nilai tabungan Parjo 5x – 50.000. Agar nilai tabungan Parjo sama dengan milik Agung, berapakah x?

Jawaban: 1.510.000

Penyelesaian soal cerita aljabar kelas 7 di atas sebagai berikut:

5x - 50.000 = 7.500.000

5x = 50.000 + 7.500.000

5x = 7.550.000

x = 7.550.000/5

x = 1.510.000

13. Mulyono menaiki motor dengan jarak 3x + y kilometer dalam waktu 10 jam. Adapun x = 70 dan y = 30. Dengan informasi itu, hitung kecepatan rata-rata per jam laju motor Mulyono!

Jawaban: 24 km/jam

Penyelesaian soal aljabar kelas 7 di atas sebagai berikut:

Diketahui:

Jarak yang ditempuh: 3x + y

Waktu tempuh: 10 jam

x = 70

y = 30

Cari jarak:

Jarak = 3x + y

Jarak = 3(70) + 30

Jarak = 210 + 30

Jarak = 240 km

Ingat rumus kecepatan rata-rata = total jarak / total waktu tempuh, maka:

Kecepatan rata-rata = 240 km / 10 jam = 24 km/jam.

14. Segitiga ABC memiliki 3 sisi berbeda panjangnya. Sisi A = x + 3y + 1. Sisi B = x + 2y –2. Sisi C = 2x – y +4. Hitung keliling segitiga ABC!

Jawaban: 4x + 4y + 3

Penyelesaian soal aljabar kelas 7 di atas sebagai berikut:

Diketahui:

Sisi A = x + 3y + 1

Sisi B = x + 2y –2

Sisi C = 2x – y +4

Keliling segitiga adalah A + B + C, sehingga:

Keliling segitiga = (x + 3y + 1) + (x + 2y –2) + (2x – y +4)

Keliling segitiga = 4x + 4 y + 3 [Setelah suku sejenis digabung].

15. Marco membeli 900 kelereng untuk dibagi pada 3 anaknya. Anak kedua mendapat 50 kelereng lebih banyak daripada anak ketiga. 

Sementara itu, anak pertama memperoleh bagian kelereng sebanyak tiga kali lebih banyak dari anak yang kedua. Dengan memakai operasi aljabar, hitung jumlah kelereng yang diterima oleh anak ketiga!

Jawaban: 140 kelereng

Penyelesaian soal matematika aljabar kelas 7 dalam bentuk cerita di atas sebagai berikut:

Diketahui:

Jumlah kelereng anak ketiga dimisalkan sebagai x

Jumlah kelereng anak kedua: x + 50

Jumlah kelereng anak pertama: 3(x+50)

Jumlah total kelereng: 900

Buat persamaan aljabar dengan info di atas:

x + (x+50) + 3(x+50) = 900

Sederhanakan persamaan aljabar di atas:

x + x + 50 + 3(x+50) = 900

x + x + 50 + 3x + 150 = 900

5x + 150 = 900

5x = 900 - 200

5x = 700

x = 700/5

x = 140

Jadi, jumlah kelereng yang diperoleh anak ketiga sebanyak 140.

Editor : Johnny Johan Sompotan
Artikel Terkait
Nasional
21 hari lalu

35 Soal Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 Beserta Jawaban

Nasional
22 hari lalu

52 Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 12 Semester 1

Nasional
2 bulan lalu

10 Contoh Soal Kalimat Efektif dan Pembahasannya

Nasional
6 bulan lalu

10 Contoh Soal Tes Terstandar SPMB Jabar untuk Persiapan Sukses

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal