Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK
Neneng Zubaedah

JAKARTA, iNews.id - Tak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Agar tak salah pilih ada jurusan kuliah untuk lulusan SMK yang bisa dicoba.

Melansir laman Ruang Guru, ini 10 jurusan kuliah untuk lulusan SMK yang bisa dicoba. Ada apa saja? Simak di sini.

10 Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK

  • 1. Jurusan Teknik Mesin

Jurusan Teknik Mesin bisa untuk kalian siswa SMK yang ingin melanjutkan kuliah. Namun, sebaiknya pastikan bahwa kamu adalah siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin.

Di jurusan ini, kamu akan belajar cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin. Selain itu, kamu juga akan fokus belajar dalam beberapa ilmu, seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

  • 2. Jurusan Tata Busana

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK tata busana adalah jurusan tata busana. Di jurusan ini kamu akan belajar mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion.

Menariknya selain belajar tata busana, kamu juga akan belajar marketing dan manajemen bisnis fashion, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model. 

  • 3. Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Mata kuliah jurusan Teknik Informatika yang akan kamu pelajari, misalnya seperti ilmu mengenai software dan computer science. Selain itu, kamu akan belajar mengenai proses pembuatan software, cara kerja software dan pengembangan software tersebut.

  • 4. Jurusan Arsitektur

Apakah SMK bisa kuliah jurusan arsitektur? Tentu bisa! Namun, pastikan bahwa kamu adalah lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Jurusan Arsitektur ya.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Adapun, prospek karier jurusan arsitektur adalah menjadi seorang Arsitektur, bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

  • 5. Jurusan Farmasi

Lulusan SMK farmasi bisa kuliah jurusan apa saja? Jika kamu lulusan SMK farmasi, maka jurusan yang bisa kamu pilih di perguruan tinggi adalah farmasi juga.

Di jurusan ini, kamu akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat. Selain itu, kamu juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat.

  • 6. Jurusan Akuntansi

Akuntansi menjadi salah satu jurusan populer di kalangan siswa kelas 12. Namun, siswa dari SMK juga bisa masuk jika lulusan dari SMK program akuntansi, lho.

Di jurusan ini, secara umum kamu akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Dasar ilmu akuntansi yang dipelajari di SMK bisa diperdalam lagi di jurusan ini.

  • 7. Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan apa yang tepat untuk lulusan SMK administrasi perkantoran? Kamu bisa melanjutkan kuliah di jurusan Administrasi Perkantoran.

Jurusan ini mempelajari tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi dan pengarsipan. Selain itu, ada juga materi tentang pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.  

  • 8. Jurusan Pariwisata

Siapa bilang lulusan SMK Pariwisata tak bisa melanjutkan kuliah? Tak perlu khawatir karena sekarang ada banyak jurusan pariwisata di perguruan tinggi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. 

  • 9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Apabila kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis kamu bisa lho melanjutkan kuliah S1. Jurusan yang dimaksud adalah jurusan DKV.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual. Terdapat tiga peminatan yang bisa kamu pilih di jurusan DKV nantinya, yakni Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

  • 10. Jurusan Film dan Televisi

Jurusan kuliah lulusan SMK yang terakhir adalah Film dan Televisi. Jika ingin lanjut kuliah di jurusan ini, maka pastikan kamu adalah lulusan SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi.

Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi, kamu juga akan belajar manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik hingga editing elektronik.

Jadi, kamu tertarik masuk jurusan lulusan SMK yang mana?


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT