4. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut
a. Fakta, konsep, prinsip, prosedur dan sikap
b. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma
c. Konsep, definisi, aksioma, prosedur, fungsi
d. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur
Jawaban: B
5. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan
a. Indikator
b. Sumber belajar
c. Kompetensi dasar
d. Metode pembelajaran
Jawaban: C
6. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut..
a. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
b. Mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
d. Mengadakan tes remidi
Jawaban: A
7. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk..
a. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
b. Mengukur efektivitas proses pembelajaran
c. Mengukur ketuntasan peserta didik
d. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
Jawaban: A
8. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memerhatikan..
a. Substansi, konstruksi, validitas, skor
b. Substansi, konstruksi, bahasa
c. Substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
d. Substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas
Jawaban: B