ilustrasi dampak globalisasi dan negatifnya (Freepik)
Chalimatu Sadiyah Aljauza

JAKARTA, iNews.id - Dampak positif globalisasi dan negatif tentu terjadi di Indonesia, apalagi saat ini sudah memasuki era globalisasi. Agar lebih paham, ini penjelasan lengkap terkait materi ini.

Kehadiran informasi dan teknologi komunikasi dapat mempercepat akselerasi proses globalisasi. Seluruh aspek penting pada kehidupan yang menciptakan berbagai macam tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

Globalisasi adalah fenomena tertentu dari peradaban manusia yang terus berkembang dalam warga global dan merupakan bagian sumber proses insan dunia. Globalisasi menyentuh semua aspek penting bagi kehidupan.

Selain itu, ternyata proses ini juga membangun tantangan dan persoalan baru yang perlu dijawab serta diselesaikan supaya bisa menikmati manfaat globalisasi bagi kemaslahatan kehidupan. Oleh karena itu, globalisasi dapat didefinisikan sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan kegiatan ekonomi lintas batas nasional dan regional.

Apa Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Globalisasi?

Dikutip dari buku ‘Modul Ilmu Pengetahuan Sosial’ terbitan ahlimedia press. Globalisasi memiliki dampak positif maupun dampak negatif, berikut penjelasanya:

Dampak Positif Globalisasi

  • 1. Berkembangnya IPTEK

Globalisasi membawa masyarakat dalam menyesuaikan terhadap perubahan sosial budaya. Hal ini berpengaruh kepada minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan yang semakin besar. Ilmu pengetahuan sendiri membawa keuntungan seperti adanya kemudahan dan hasil produksi yang lebih banyak

  • 2. Meningkatnya efektivitas dan efisiensi

Efektivitas merupakan dampak positif globalisasi berupa pengukuran keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan efisiensi merupakan tepat, cermat dan bergaya dalam melakukan sesuatu. Globalisasi membuat banyak pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien dalam berbagai sektor.

  • 3. Perekonomian negara semakin meningkat

Adanya globalisasi di suatu negara dapat meningkatkan perekonomian dari negara tersebut. Hal ini terjadi karena banyaknya modal  yang masuk ke dalam suatu negara dengan tujuan berinvestasi dalam bidang pertanian, perdagangan, pertambangan dan industri

  • 4. Komunikasi semakin cepat dan mudah

Dengan adanya globalisasi, komunikasi jarak jauh, seperti internet mempercepat dan mempermudah manusia. Hal tersebut pun membuat masyarakat mampu melakukan komunikasi jarak jauh. 

  • 5. Berkembangnya dunia pariwisata

Dengan adanya internet, tempat-tempat wisata dapat segera disebarluaskan ke masyarakat baik masyarakat dalam negeri atau bahkan luar negeri. Hal itu menjadikan tempat wisata banyak dikunjungi oleh masyarakat.

  • 6. Perluasan peluang pasar perdagangan luar negeri

Dengan adanya globalisasi pada bidang ekonomi sektor perdagangan, membuka peluang kepada Indonesia untuk bisa ikut bersaing di pasar Internasional, khususnya untuk hasil pertanian, kelautan, tekstil dan hasil tambang.

Dampak negatif globalisasi

Selain adanya dampak positif globalisasi, ada juga efek negatifnya, sebagai berikut:

  • 7. Westernisasi

Westernisasi merupakan suatu perbuatan seseorang yang mulai kehilangan rasa nasionalisme. Hal itu dilakukan dengan meniru atau bahkan melakukan aktivitas kebarat-baratan.

  • 8. Demoralisasi

Demoralisasi merupakan terkikisnya bahkan sampai meninggalkan nilai-nilai sosial yang terdapat di masyarakat. Ciri-ciri demoralisasi ditunjukan dengan perilaku yang bertentangan dengan nilai dan norma di masyarakat.

  • 9. Kesenjangan sosial ekonomi

Kesenjangan sosial ekonomi ialah perbedaan yang tajam antarkelompok dalam bidang sosial ekonomi. Hal ini terjadi karena modernisasi dan pembangunan tidak dilakukan secara merata dan seimbang.

  • 10. Kriminalitas

Kriminalitas banyak terjadi di kehidupan era globalisasi. Hal ini terjadi karena globalisasi membawa dampak terhadap persaingan, kepadatan penduduk, perbedaan pendapatan dan mentalitas yang labil.

Sehingga dampak kriminalitas ini menyebabkan keamanan masyarakat terganggu, merugikan negara, merugikan pihak lain dan merugikan masyarakat secara keseluruhan.

  • 11. Pencemaran lingkungan

Globalisasi membuat banyak  pembangunan industri, hal itu membawa banyak perubahan pada alam. Banyak lingkungan yang tercemar karena banyaknya limbah produk dan limbah industri.

Oleh karena itu, hal ini harus dibarengi dengan adanya analisis masalah dan dampak lingkungan, agar lingkungan tidak tercemar dan menimbulkan masalah kesehatan.

  • 12. Kenakalan remaja

Globalisasi juga berdampak pada perilaku remaja. Budaya-budaya dari luar negeri yang tidak sesuai dengan budaya lokal diterima begitu saja tanpa adanya filter dari dalam diri. Hal ini terjadi karena remaja cenderung berusaha untuk menampilkan sikap hidup seolah-olah kaya, modern agar dianggap up to date.

Upaya Menghadapi Globalisasi

Dengan adanya dampak positif globalisasi dan negatif, kita sebagai masyarakat harus memiliki upaya dalam menghadapi globalisasi, contohnya sebagai berikut :

a.Masyarakat harus selektif dalam memilih budaya luar dengan mengambil kebudayaan yang sesuai dengan kebudayaan lokal. Selain itu, budaya lokal harus tetap dilestarikan dengan diangkat agar tidak hilang akibat globalisasi

b.Menyaring informasi yang baik dan bermanfaat untuk membangun dan megembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara

c.Menggunakan alat komunikasi demi kemajuan masa depan dan tidak menyalahgunakannya

d.Tidak berlebihan dalam menggunakan alat transportasi agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Dari penjelasan di atas, diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui apa saja dampak-dampak globalisasi. Baik itu dampak positif globalisasi maupun dampak negatif globalisasi.



Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT