13 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Pengertian dan Manfaatnya

Ayu Annisa
Ilustrasi. Faktor pendorong perdagangan internasional (freepik)

  • 5. Adanya kelebihan produksi sehingga perlu perluasan usaha dari suatu negara
  • 6. Adanya perbedaan sumber daya iklim
  • 7. Adanya kesamaan selera masyarakat dunia terhadap suatu produk tertentu
  • 8. Adanya keinginan untuk menjalin hubungan kerja sama dalam hal ekonomi, politik, dan dukungan negara lain
  • 9. Berkembangnya globalisasi ekonomi dalam kehidupan masyarakat dunia
  • 10. Penghematan biaya produksi (efisiensi), yang mana suatu barang jika diproduksi dalam jumlah yang besar akan menurunkan biaya produksi. 
  • 11. Perbedaan ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi
  • 12. Perbedaan harga barang
  • 13. Perbedaan kepemilikan faktor produksi 

Editor : Puti Aini Yasmin
Artikel Terkait
Nasional
1 bulan lalu

Daftar 8 Kerja Sama RI-Brasil usai Pertemuan Prabowo dan Lula, Energi hingga Teknologi

Nasional
2 bulan lalu

RI-Kanada Resmi Teken Kerja Sama Pertahanan hingga Perdagangan

Bisnis
2 bulan lalu

Menko Airlangga Bertemu Komisioner Eropa, Bahas Percepatan Implementasi IEU-CEPA

Nasional
2 bulan lalu

RI-Uni Eropa Resmi Teken Kesepakatan IEU-CEPA, Berlaku Efektif Januari 2027

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal