Timnas Indonesia diminta netizen pindah ke EAFF. (Foto Antara).
Tika Vidya Utami

JAKARTA, iNews.id – Terdapat tiga negara yang diprediksi murka apabila Indonesia pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Timnas Indonesia diminta netizen pindah ke EAFF menyusul dugaan main mata di pertandingan Piala AFF U-19 2022. 

Negara tersebut antara lain Kamboja, Malaysia serta Thailand. Berita terpopuler lainnya adalah artis yang punya rumah mewah di Menteng.

Berikut  rangkuman berita terpopuler pada Jumat (22/7/2022):

1. Tiga Negara yang Diprediksi Murka Apabila Indonesia Pindah ke EAFF

Terdapat tiga negara yang diprediksi murka apabila Indonesia pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Timnas Indonesia diminta netizen pindah ke EAFF menyusul dugaan main mata di pertandingan Piala AFF U-19 2022. 

Dua tim yang diduga main mata adalah Thailand dan Vietnam. Kedua tim tersebut disinyalir sengaja bermain imbang 1-1 guna memastikan tiket ke semifinal. 

Akibatnya, Timnas Indonesia harus angkat koper lebih dahulu karena kalah secara head to head. Hal ini membuat pecinta sepak bola Indonesia sakit hati serta ingin pindah dari AFF ke EAFF. Namun, proses perpindahan federesi tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Berikut tiga negara yang berpotensi tolak kepindahan Timnas Indonesia dari AFF ke EAFF, antara lain Kamboja, Malaysia serta Thailand. 

2. Artis yang Punya Rumah Mewah di Menteng

Tidak menjadi rahasia lagi jika rumah mewah di Menteng mempunyai harga yang sangat fantastis. Terbayang, betapa kayanya para artis yang mempunyai rumah di wilayah Menteng. 

Diketahui, Menteng identik dengan dengan tempat tinggal orang-orang kaya. Berikut deretan artis yang mempunyai rumah di wilayah Menteng, Inneke Koesherawati, Dian Sastrowardoyo, Nia Ramadhani, Rieta Amalia, serta Titiek Puspa. 

3. Habib Bahar: Debat dengan Abu Bakar Ba'asyir, Saya Aja Dibilang Thogut

Pada Kamis (21/7/2022), sidang kasus dugaan penyebaran kabar bohong atau hoaks yang menjerat terdakwa Tatang Rustandi digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung. Sidang menghadirkan Habib Bahar  bin Smith atau Habib Bahar sebagai saksi. 

Dalam kesaksian di persidangan, Habib Bakar menceritakan pernah berdebat dengan Abu Bakar Ba’asyir terkait thogut. Perdebatan berlangsung di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor ini berawal ketika Habib Bahar menentang aksi terorisme di Indonesia. 

Apalagi, pelaku terorisme menganggap Indonesia sebagai negara thogut. Dari hal tersebut, Habib Bahar berdebat dengan Abu Bakar Ba’asyir. 

Dalam perdebatan, Habib Bahar dikatakan sebagai thogut lantaran menyatakan NKRI serta Pancasila sebagai harga mati. Dalam keilmuan serta pemahaman Habib Bahar tentang Islam, thogut itu mempunyai arti teroris. 

Menurutnya, thogut merujuk kepada lima pendapat ahli tafsir, dapat diartikan sebagai dukun, penyihir, berhala, dan segala sesuatu yang disembah oleh manusia selain Allah.

4. Pilot Citillink Meninggal ketika Mendarat di Bandara Juanda Alami Darurat Kesehatan

Pilot pesawat Citilink rute  Surabaya-Makassar meninggal di Bandara Juanda, Surabaya. Pilot memilih mendarat usai 15 menit mengudara lantaran alami darurat kesehatan. 

Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai mengatakan, pilot yang bernama Cap Boy Awalia, 48 membawa pesawat dengan nomor penerbangan QG 307. Pilot lepas landas pada pukul 06.00 WIB, namun kembali ke Bandara Juanda. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, pilot dinyatakan telah meninggal dunia. Pesawat telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandara Juanda dengan baik dan selamat. Jenazah sang pilot diterbangkan langsung pada Kamis (21/7/2022) dari Surabaya menuju Jakarta dan akan disemayamkan di Jakarta.


 
5. Jokowi Jadi Pemimpin Dunia Pertama Bertatap Muka dengan Xi Jinping di Luar Olimpiade

Pada 25-26 Juli 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke China. Berdasarkan agenda yang disampaikan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China, Jokowi akan bertemu dengan mitranya, Xi Jinping dan Perdana Menteri, Li Keqiang. 

Menurut informasi dari juru bicara Kemlu China, Wang Wenbin mengatakan Jokowi berkunjung atas undangan Xi. Jokowi akan menjadi pemimpin asing pertama yang diterima secara pribadi oleh Xi selain Olimpiade Musim Dingin yang digelar pada Februari 2022. 

Selama pertemuan, para pemimpin akan bertukar pandangan secara mendalam. Namun, Wang tidak memberikan penjelasan secara detail. 


Editor : Faieq Hidayat

BERITA TERKAIT