Serda Jas/W Jeni Elvis Kause merupakan salah satu prajurit Kowal TNI AL yang berprestasi. (Foto : Ist)
riana rizkia

JAKARTA, iNews.id - Serda Jas/W Jeni Elvis Kause merupakan salah satu prajurit Kowal TNI AL yang berprestasi. Jeni yang berasal dari Maumere aktif sebagai atlet silat.

Jeni bercerita motivasinya sebagai Kowal TNI AL. Dia awalnya ingin mematahkan stigma yang menyebut hidup perempuan akan berakhir di dapur setelah tamat sekolah. 

"Orang-orang tuh pertamanya kaget, karena di kampung saya itu tidak ada Kowal apalagi tentara. Terus mereka itu masih berpikiran kalau perempuan itu tugasnya selesai sekolah ya di dapur, tidak cocok perempuan itu berkarier," kata Jeni dikutip dari YouTube milik Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Senin (12/9/2022). 

Jeni mengatakan Kowal bukanlah pilihan pertamanya. Waktu kecil, dia bercita-cita menjadi Polwan, karena sering melihat mereka berjaga di jalan. 

"Waktu itu kalau keinginannya itu pengen jadi Polwan, karena dulu waktu SD kan sering liat Polwan jaga di jalan. Waduh menawan, keren, bagus kalau diliat. Aduh jadi pengen seperti itu," katanya. 

"(Kelas) satu SMP baru tau kalau ada tentara perempuan. Tapi waktu itu taunya angkatan darat, tapi makin ke sini ko lebih sangaran ini ya (TNI AL)," ujar Jeni sambil tertawa. 

Cita-citanya pun berbelok, dari Polwan menjadi Kowal. Seiring dengan cita-citanya, Jeni juga menekuni hobi bela diri. Sejak kelas satu SMP, dia bergabung dalam olahraga pencak silat. 

"Pencak silat dari kelas satu SMP, karena waktu itu di sekolah ada olahraga, ikut, tekuni di situ," ucapnya. 

Sejak saat itu, Jeni fokus pada pencak silat, hingga akhirnya berhasil menjuarai beberapa pertandingan internasional. 

Jeni tercatat pernah menjadi Juara 1 Belgium Open di Belgia pada 2019, kemudian Juara 1 Korean Open 2019, Juara 1 pra Sea Games Philippines 2019, lalu Juara 2 Sea Games Philippines 2019.

Setelah berhasil menjadi juara pada Sea Games 2019, Jeni memutuskan untuk mengikuti tes Angkatan Laut di Maumere. 

"Selesai Sea Games 2019, di sini denger kalau ada pembukaan kowal untuk Angkatan Laut pertama kali di Maumere," katanya. 

Perjuangannya berbuah hasil, atlet pencak silat dengan segudang prestasi itu pun berhasil menjadi Korps perempuan TNI AL. 

Tidak berhenti di situ, prestasi Jeni terus bertambah meskipun cita-citanya sebagai tentara perempuan telah tercapai. 

Setelah bergabung menjadi Anggota TNI AL, Jeni menorehkan prestasi dengan menjadi juara 1 di PON XXI Papua 2021, dan juara 1 kejuaraan dunia 19th World Pencak Silat Championship 2022 Melaka - Malaysia.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT