Contoh Soal TAP PGSD, Mahasiswa UT Harus Simak!

Inas Rifqia Lainufar
Contoh Soal TAP PGSD (freepik)

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal TAP PGSD berikut patut untuk dipelajari. Soal ini dirancang untuk mahasiswa Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu syarat kelulusan.

Namun perlu diketahui bahwa Tugas Akhir Program (TAP) diberikan kepada mahasiswa yang sudah menempuh 140 sks. Melalui soal-soal ini, mahasiswa dapat mempersiapkan tugas akhir dengan baik.

Adapun contoh soal TAP PGSD, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Senin (22/4/2024), adalah sebagai berikut.

Contoh Soal TAP PGSD

Kasus A

Bu Is akan mengajarkan IPA dengan topik pernapasan pada manusia, di kelas V SD. Ia mempersiapkan media berupa gambar organ pernapasan dan model organ pernapasan dan model organ pernapasan manusia. Ia juga mempersiapkan LKS tentang nama-nama organ pernapasan manusia. Sebelum mengajar, Bu Is memberikan apersepsi bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Bu Is juga menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu tentang macam/nama organ pernapasan manusia dan fungsi masing-masing organ tersebut. Setelah Itu, Bu Is memulai mengajar materi tentang organ pernapasan. Ia menyuruh semua murid menarik napas untuk membuktikan bahwa manusia bernapas dan untuk mengetahui di mana letak organ-organ pernapasan tersebut. Bu Is memasang organ pernapasan manusia dipapan tulis, dan tanya jawab tentang nama-nama organ pernapasan manusia. Setelah itu Bu Is memberikan LKS sebagai latihan secara berkelompok. Siswa melaporkan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya. Untuk menambah pemahaman siswa, Bu Is menunjukkan model organ pernapasan manusia. Hal ini juga bertujuan membuat siswa lebih tertarik untuk mengetahui siswa lebih tertarik untuk mengetahui letak dan fungsi organ pernapasan manusia. Sambil menunjukkan pada model, Bu Is mengadakan tanya jawab tentang fungsi masing-masing organ pernapasan pada manusia.Setelah itu Bu Is mengadakan evaluasi, dan setelah dikoreksi, Bu Is tidak menyangka bahwa hasilnya tidak memuaskan. Hasil nilai murid yang mencapai 75 ke atas hanya 10 orang dari 30 siswa. Bu Is merenung, mengapa target tidak tercapai, padahal dia menargetkan 75% siswa mendapat nilai 75 ke atas.

Pertanyaan kasus A

1. Identifikasi masalah yang penting
2. Bu Is sudah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik, ternyata hasilnya kurang memuaskan.
3. Analisis penyebab masalah!

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Buletin
5 hari lalu

Demo di Kantor Bupati Tulang Bawang, Warga Tuntut Pengembalian Hak Tanah Umbul

Megapolitan
13 hari lalu

Pramono Siapkan Kota Tua Jadi Ruang Berekspresi Mahasiswa IKJ

Nasional
13 hari lalu

Duh! 600.000 Penerima Bansos Keciduk Pakai Uang untuk Main Judol

Bisnis
17 hari lalu

Binus Business School Apresiasi Kegiatan Leader Talk MNC Insurance Group, Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal