A. Kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
B. Menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C. Mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
D. Mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
Jawaban: C
3. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
A. Coba-ralat (trial and error)
B. Pendidikan langsung,
C. Identifikasi
D. Observasi
Jawaban: D
4. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
A. Masalah sosial
B. Bidang olahraga
C. Tubuh manusia
D. Kesehatan manusia
Jawaban: A
5. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
A. Kesehatan
B. Status
C. Penampilan
D. Pekerjaan
Jawaban: D
6. Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
A. Penampilan
B. Pekerjaan
C. Sekolah
D. Status
Jawaban: C
7. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….