Sekolah ini setingkat dengan sekolah berstandar internasional atau setidaknya sekolah di tingkatan RSBI ( Rintisan Sekolah Berstandar Internasional ). Syarat ini disebabkan oleh fokus pendidikan pada kurikulum 2013 berbasis pendekatan ilmiah untuk membangun sikap, ketrampilan, karakter dan mengenalkan ilmu pengetahuan.
Faktor lain yang menjadi persyaratan dari penggunaan kurikulum 2013 adalah ketersediaan distribusi buku pendukung kurikulum tersebut. Dibutuhkan kombinasi antara ketersediaan buku dan kemampuan tenaga pengajar untuk bisa menghasilkan dampak terbaik dari penggunaan kurikulum tersebut.
Pergeseran pola – pola pendidikan dari hafalan menuju kemampuan analitis dan kreativitas menjadi bagian yang seringkali menyulitkan tenaga pengajar dalam penerapan kurikulum 2013.
Dibutuhkan akselerasi untuk peningkatan mutu tenaga pengajar sebelum kurikulum 2013 bisa menghasilkan produk pendidikan ideal yang dicita – citakan kurikulum tersebut berupa generasi Indonesia yang berkarakter inovatif, kreatif dan produktif tanpa kehilangan ciri – ciri ke-Indonesia-an.
Untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang bermutu tinggi maka diperlukan kurikulum pendidikan yang sesuai. Sebab kurikulum pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam memajukan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini sering mengalami pembaruan agar tetap beradaptasi terhadap keadaan yang ada saat ini. Hal tersebut menjadi salah satu upaya agar masyarakat mendapatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kondisi saat ini.
Kurikulum pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perubahan dalam setiap dekade. Saat ini di Indonesia mulai mengembangkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka.
Kurikulum merdeka ini belum sepenuhnya terealisasikan di seluruh sekolah Indonesia. Sehingga ada beberapa sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2013.
Sebelumnya kurikulum 2013 menggantikan kurikulum 2006 atau kurikulum KTSP. Kurikulum 2013 sendiri merupakan kurikulum yang berbasis pendidikan ilmiah untuk diterapkan pada karakter siswa.
Sedangkan kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum yang digunakan sebagai pilihan tambahan untuk memulihkan proses pembelajaran hingga tahun 2024.
Kurikulum tersebut nantinya akan dijadikan bahan evaluasi untuk memperbarui kurikulum yang lama berdasarkan hasil capaian dari kurikulum tersebut.
Perubahan dan pengembangan kurikulum tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sehingga memunculkan sumber daya manusia semakin maju, kreatif serta inovatif untuk membangun Indonesia yang lebih maju.
Dari penjelasan mengenai definisi teks eksplanasi hingga contoh teks eksplanasi pendidikan tersebut, dapat dijadikan referensi saat membuat teks eksplanasi yang sesuai dengan struktur teks.