Haji dan Humanisme

iNews.id
Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar MA Ph.D. (dok. UIN Jakarta)

Setidaknya, terdapat tiga poin penting perlu menjadi perhatian kita bersama dalam penigkatan pelayanan tamu Allah yang akan terus bertambahnya jemaah haji lansia. 

Pertama, pengetahuan haji dan kondisi geografis Arab untuk pelayanan jemaah haji lansia. Tidak bisa dipungkiri, perbedaan kebutuhan jemaah haji muda dan tua. Fakta ini hendaknya ditangkap sebagai bahan pemikiran untuk menyadarkan konsep haji dan wilayah Arab yang beda  bagi mereka. Kerja fisik dan kekuatan mengelola emosi menjadi tumpuan setiap jemaah. Maka sisi ini perlu terus menjadi perhatian pra-keberangkatan melalui manasik secara visual dari ciri-ciri tempat yang akan dituju. 

Kedua, pelayanan medis untuk mengantisipasi keadaan cuaca di Arab Saudi. Cobaan alami bagi para jemaah haji usia lanjut adalah kondisi iklim dan cuaca di Tanah Suci. Keadaan yang panas dapat membuat tubuh mereka melemah. Pun, saat malam tiba, keadaan yang dingin dapat menciptakan rasa ketidaknyamanan tersendiri. Pada kondisi tersebut, tindakan medis prima menjadi kebutuhan penting. Pengaplikasian alat-alat pendukung dengan teknologi terbaru menjadi kebutuhan para tenaga medis agar lebih efektif dan efisien pelayanan. 

Ketiga, pengembangan layanan komunikasi. Jemaah haji lansia biasanya masih terbatas dalam hal mengakses alat komunikasi kekinian. Kebiasaan di daerah asal masih menjadi penghalang untuk adaptasi di Arab sebagai daerah yang baru. Model sistem komunikasi yang lebih relevan untuk menjangkau kepentingan komunikasi para jemaah haji lansia saat di Tanah Suci. Sepintas, hal ini mungkin terlihat sederhana, mengingat penggunaan gawai sudah semakin lazim di masyarakat. Namun, bagi lansia komunikasi simbolik nampaknya masih lebih mudah difahami, apalagi tanah Arab model geografisnya jauh beda dengan Indonesia. 

Ketiga pemikiran di atas agaknya dapat menjadi pilar penting dalam pelayanan haji di masa depan yang lebih baik. Tentu saja, diperlukan kerjasama yang sinergis di antara semua pihak, termasuk dari jemaah haji sendiri, untuk menyukseskan setiap bentuk layanan haji. Dukungan dan partisipasi semua fihak adalah kunci penting dalam memperkuat pelayanan haji ke depan.

Editor : Reza Fajri
Artikel Terkait
Nasional
6 hari lalu

Jaksa Agung bakal Kawal Upaya Bersih-Bersih Kementerian Haji, Cegah Praktik Korup

Nasional
6 hari lalu

KPK Periksa Anggota DPRD Mojokerto Rufis Bahrudin terkait Korupsi Kuota Haji

Nasional
11 hari lalu

Kasus Korupsi Kuota Haji, KPK Periksa Kakanwil Kemenag Jateng

Nasional
12 hari lalu

Kemenhaj RI Peringatkan Masyarakat Soal Tawaran Haji Tanpa Antre

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal