Inilah Gejala Alam yang Mustahil untuk Dihindari (Foto: Twenty20photos)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Inilah gejala alam yang mustahil untuk dihindari. Ada beberapa peristiwa alam di bumi ini terjadi begitu saja tanpa ada yang bisa menghalangi. Gejala alam itu akhirnya menjadi apa yang kita sebut sebagai bencana.

Peristiwa seperti terjadinya gempa bumi hingga tanah longsor memang rasanya sulit untuk dihindari. Keduanya sama-sama jarang menunjukkan tanda-tanda dan seringkali datang secara tiba-tiba. Dilansir iNews.id dari buku Buku Materi Ilmu Pengetahuan Alam Kemendikbud, Selasa (24/5/2022), gejala alam pada dasarnya terdiri dari gejala alam biotik dan abiotik. 

Gejala alam biotik meliputi hal-hal yang terkait dengan makhluk hidup. Misalnya saja soal pertumbuhan makhluk hidup, sistem pernapasan, fotosintesis, respirasi, pencernaan makanan, dan lain-lain. 

Sementara gejala alam abiotik berkaitan dengan sifat fisik dan kimiawi di luar makhluk hidup, seperti hujan, pelapukan, gempa, erosi, ledakan, dan sebagainya.

Inilah Gejala Alam yang Mustahil untuk Dihindari

1. Munculnya Petir

Gejala alam pertama yang mustahil dihindari adalah munculnya petir. Munculnya petir terjadi ketika muatan negatif dan positif di dalam awan bergerak terus menerus hingga terpisah. Muatan negatif pada awan memiliki kecenderungan untuk berikatan dengan muatan positif di bumi. Petir pun terbentuk dengan kecepatan cahaya yang mustahil untuk dihindari oleh siapapun jika penyasarnya.

2. Banjir

Banjir seringkali terjadi akibat ulah atau keteraturan yang dibuat manusia itu sendiri. Pembalakan hutan secara liar, membuang sampah di saluran air, menutup resapan air, atau menyumbat saluran air dengan sampah. Jika datangnya dalam volume besar dan mendadak atau sering disebut sebagai banjir bandang, maka gejala alam yang satu ini sulit dihindari lagi.

3. Erupsi

Meski terjadinya erupsi bisa diprediksi dengan melihat gejala-gejala yang mengawalinya, tapi gejala alam yang satu ini juga sulit dihindari. Gunung api bersifat tidak stabil dan bisa saja memuntahkan isi perut bumi kapan saja. Gunung berapi juga bisa menyebabkan gempa bahkan tsunami yang mustahil untuk dihindari.

4. Tanah Longsor

Tak hanya disebabkan oleh curah hujan tinggi, gejala alam yang satu ini seringkali akibat ulah manusia. Tidak adanya akar yang mengikat tanah akibat penebangan hutan atau alih fungsi lahan merupakan salah satu penyebab utamanya. Tanah longsor juga nyaris mustahil dihindari karena kedatangannya seringkali tiba-tiba dan tanpa tanda-tanda.

5. Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba. Biasanya energi ini berbentuk gelombang yang tercipta akibat aktivitas vulkanis dan tektonis. Jika gejala ini datang, maka siapapun tak bisa menghindar karena seluruh permukaan bumi bergerak.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT