Jokowi-Ma'ruf Dominasi 60 Persen Perbincangan di Media Sosial

Irfan Ma'ruf
Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. (Foto: Koran Sindo/dok).

JAKARTA, iNews.id – Popularitas pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin tak tertandingi. Di seluruh lini media sosial (medsos) seperti Twitter, Facebook dan Instagram, Jokowi-Ma’ruf paling banyak diperbincangkan.

Berdasarkan rekaman aktivitas akun riil medsos melalui mesin Sasbuzz pada 29 September-6 Desember 2018, setidaknya terdapat enam gambaran tentang dinamika pilpres. Pertama, indeks popularitas Jokowi-Ma’ruf di Twitter, Facebook, dan Instragram sangat tinggi dan mendominasi.

"Jokowi-Maruf mendominasi pembicaraan hingga 60 persen dibandingkan dengan Prabowo-Sandi yang hanya 40 persen,” kata pakar media sosial sekaligus pendiri PT Sasbuzz Teknologi Internasional Rizal Panji Islami di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menurut dia, dominasi Jokowi atas Prabowo dalam aktivitas media sosial yang dipaparkan oleh Sasbuzz itu selaras dengan angka survei LSI Denny JA yang mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 53,2 persen pada November 2018, sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi 31,2 persen.

Rizal menegaskan, mesin Sasbuzz memiliki validitas tinggi. Hanya akun riil yang direkam mesin ini dan menyingkirkan aktivitas akun robot.

Kedua, mesin Sasbuzz memantau pada pekan ini terjadi peningkatan jumlah pembicaraan sebesar 0,45 persen. Peningkatan signifikan terjadi di Provinsi Jawa Barat dan Lampung.

"Terjadi lonjakan pembicaraan tentang Prabowo pada tanggal 2 Desember 2018 kemarin, tetapi masih tidak mampu melebihi total pembicaraan tentang Jokowi, dan berangsur-angsur turun kembali," kata Rizal.

Ketiga, jumlah pembicaraan harian terbesar dipegang oleh Jokowi yang melampaui Prabowo dan dua cawapres. Jumlah pembicaraan tentang Jokowi selama seminggu terakhir rata-rata 12.000-13.000 per hari.

”Sementara untuk Prabowo ada di kisaran 5.000-6.000 per hari. Untuk pembicaraan kedua wakil presiden, total pembicaraan keduanya sangat minim, yaitu di bawah 5.000 per hari,” ujarnya.

Keempat, dari sisi nada atau sentimen pembicaraan netizen, setiap calon rata-rata memiliki tone positif 75-80 persen. Artinya, kampanye positif masih sangat mendominasi daripada kampanye negatif dari kedua kubu.

Kelima, dari sisi konteks pembicaraan dalam minggu ini, 10 hal paling banyak dibicarakan netizen tentang Jokowi yakni seputar kinerja atau portofolio seperti pemerintahan, pembangunan, dan infrastruktur. Selain itu, keislaman Jokowi yang cenderung positif.

“Hal ini juga bisa disimpulkan banyaknya pembicaraan Jokowi tentang capaian pemerintahan dan pembangunan karena didukung oleh aktivitas media sosial resmi lembaga atau kementerian, tidak hanya partai atau kantung relawan,” ujarnya.

Editor : Zen Teguh
Artikel Terkait
Nasional
3 jam lalu

Waketum Projo Sebut Roy Suryo Cs Kerahkan Segala Upaya agar Ijazah Jokowi Palsu

Nasional
4 jam lalu

Respons Roy Suryo Diperiksa Polisi 9 Jam: Malam Ini Kita Bubar dengan Baik

Nasional
4 jam lalu

Polda Metro Segera Periksa Ahli dan Saksi yang Diajukan Roy Suryo Cs soal Kasus Ijazah Jokowi

Nasional
5 jam lalu

Periksa Roy Suryo cs 9 Jam, Polda Metro Klaim Profesional dan Transparan

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal