JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) RI merilis WA Center atau nomor telepon khusus yang digunakan sebagai saluran komunikasi jemaah dan masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. Dengan begitu jemaah haji yang kesulitan bisa dibantu segera.
“Untuk memudahkan jemaah dan masyarakat dalam meng-update informasi, sekaligus mendekatkan layanan kepada mereka. Kami telah menyiapkan WA Center di nomor +966 503500017,” ucap Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (8/6/2022).
Wibowo mengatakan WA Center ini juga dapat digunakan sebagai media komunikasi antara jemaah dengan petugas haji bila membutuhkan layanan. Pihaknya pun akan siaga selama 24 jam.
“Kita akan standby 24 jam selama musim haji,” kata dia.
Nomor WA Center tersebut, kata Wibowo, telah tercatat di setiap hotel yang ditempati jemaah haji Indonesia. Harapannya, jemaah bisa dengan mudah mengakses nomor tersebut bila membutuhkan bantuan.
“Kita sudah buat dalam bentuk stiker dan spanduk yang ditempel di hotel jemaah haji Indonesia dan bus shalawat. Kita berharap ini bisa diketahui jemaah sehingga dapat dimanfaatkan mereka bila membutuhkan layanan,” tutur Wibowo.
Selain itu, Kemenag juga telah menyiapkan pusat penanganan krisis dalam penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M yang tugasnya adalah memantau dan merespons setiap informasi yang disampaikan jemaah atau masyarakat agar bisa segera ditindaklanjuti dengan baik.
“Informasi dari jemaah, nantinya akan segera diproses dan didistribusikan kepada para penanggung jawab layanan untuk segera ditindaklanjuti. Proses penyelesaian masalah juga akan dipantau untuk memastikan jemaah terlayani dengan baik,” ujar dia.