Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa memimpin partainya mendaftar ke KPU, Rabu (10/8/2022). (Foto: Bachtiar Rojab)
Bachtiar Rojab

JAKARTA, iNews.id - Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu 2024. Mereka serentak mendaftar Rabu (10/8/2022) pukul 10.00 WIB.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pendaftaran bersama anggota KIB merupakan bentuk solidaritas menghadapi Pemilu 2024. 

"Ini juga memperlihatkan bahwa koalisi ini adalah koalisi yang berbasis kepentingan bersama dan juga menunjukan kebersamaan dan solidaritas menuju Pemilu 2024 nanti," ujar Airlangga di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022). 

Airlangga menuturkan, sesuai dengan apa yang dikatakan Ketua Umum PAN yakni Zulkifli Hasan, Airlangga sepakat yang terpenting saat ini yaitu menjunjung politik kebersamaan. 

"Berdasarkan filosofi yang disampaikan oleh Ketua Umum PAN jujur adil demokratis dan kita berharap bahwa isu-isu primordial bisa ditinggalkan karena ini tidak pernah lebih penting lagi, sekarang adalah politik kebersamaan," tuturnya.

"Dalam hal dunia sedang menghadapi ketidakpastian satu hal yang kita bisa buat sendiri yaitu kepastian dalam berpolitik," ucapnya. 

Tiga pimpinan partai KIB yaitu Airlangga Hartarto (Golkar), Zulkifli Hasan (PAN), dan Suharso Monoarfa (PPP) memimpin langsung pendaftaram di KPU. Jajaran pengurus menyertai mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

"Kami memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dalam Pileg dan Pilpres 2024. Ini adalah Pemilu ke-13 yang dilaksanakan di Indonesia," kata Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT