Dini Pilih Pulang Kampung di Arus Mudik Lebaran Demi Hindari Macet
Bachtiar Rojab

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk merayakan Lebaran 2022 di kampung halaman pada libur dan cuti bersama. Namun, berbeda dengan Dini (31) yang memilih pulang kampung di arus balik Lebaran.

Libur dan cuti bersama Lebaran dari pemerintah sendiri dilaksanakan pada 29 April - 8 Mei 2022. Kemudian, diprediksi puncak arus balik terjadi di tanggal 6-8 Mei 2022.

Momen arus balik Lebaran ini ternyata dimanfaatkan oleh Dini untuk pergi ke kampung halamannya di Madura, Jawa Timur. Ia mengaku ingin menghindari macet sehingga pergi mudik di waktu arus balik.

"Soalnya saya takut macet, kalau gini kan enak ke sana sepi, nggak harus ikut-ikutan kena macet," ucap Dini yang merupakan seorang ibu rumah tangga di Terminal Tanjung Priuk, Sabtu (7/5/2022). 

Lebih lanjut, kata Dini, dirinya juga memang memiliki banyak keluarga di Jakarta sehingga melakukan aktivitas Lebaran di Jakarta terlebih. Setelah itu, baru ia mudik ke kampung halaman. 

"Keluarga saya juga banyak di sini (Jakarta), jadi saya Lebaran dulu di sini, jadi nggak ada yang ngeburu-buru juga buat pulang ke Madura," ujar dia. 

Dini menambahkan, ia berangkat menggunakan bus melalui Terminal Tanjung Priuk dikarenakan mudah dijangkau. Menurutnya, hal itu dikarenakan Terminal Tanjung Priuk bersebelahan langsung dengan Stasiun Tanjung Priuk. 

"Ini kan deket stasiun juga, ya. Jadi saya pilih mudik di sini biar nggak ribet naik KRL dulu, abis itu jalan ke sini karena deket," tutur Dini. 

Seperti diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 8 Mei 2022. Volume kendaraan pada puncak arus balik diprediksi mengalami lonjakan cukup tinggi.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau masyarakat untuk kembali ke Ibu Kota lebih awal.

“Tanggal 6, 7 dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," ucap Irjen Firman kepada awak media, Jakarta, Selasa (3/5/2022).


Editor : Puti Aini Yasmin

BERITA TERKAIT