"Dengan layanan ini kita bisa deliver layanan yang lebih stabil di perairan," katanya.
Sementara itu, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto menjelaskan, KKP memang tengah meningkatkan layanan digital untuk mendukung tranformasi perikanan tangkap di Indonesia.
Salah satu yang sudah dimanfaatkan masyarakat nelayan saat ini adalah aplikasi e-PIT. Penggunaan aplikasi berbasis Android ini untuk mendukung pelaksanaan PNBP pasca-produksi dan kebijakan penangkapan ikan terukur yang mulai dilaksanakan tahun depan.
Kinerja aplikasi tersebut diakuinya belum optimal karena berdasarkan hasil survei KKP bersama Litbang Kompas, terdapat beberapa kendala yang dihadapi nelayan atau pelaku usaha perikanan saat menggunakan aplikasi tersebut. Kendala yang dihadapi, seperti persoalan sinyal, error, freeze, hingga forced closed.
"Memang untuk optimalisasi e-PIT masalah utamanya itu sinyal. Itu tidak bisa ditampik, tapi itu bisa diperbaiki. Produk V-STAR dari Telkomsat yang didukung backhaul Starlink bisa menjadi alternatif solusi untuk keterbatasan sinyal di laut," ucap Doni Ismanto.
Sementara itu, Plt Dirjen Perikanan Tangkap Agus Suherman juga mengakui keterbatasan sinyal menjadi ke kendala penggunaan aplikasi e-PIT. Menurutnya, perbaikan akan terus dilakukan, termasuk dari sisi desain dan fitur-fitur yang disajikan.
"e-PIT itu aplikasi yang membantu kita dalam pendataan, penyelesaian administrasi perizinan. Ternyata setelah berkembang bisa menjadi bagian dari sistem pemantauan pengawasan perikanan, yang memang amanah dari PP 11/2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur," ujarnya.