JAKARTA, iNews.id - Markplus Institute dan MNC University menandatangani memorandum of understanding (MoU), Selasa (30/5/2023). Tujuannya memperkuat kerja sama kedua institusi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ini menjadi momen penting dalam dunia pendidikan dan pemasaran digital.
Salah satu highlight dari acara yang digelar di auditorium MNC University tersebut adalah peluncuran program digital marketing MNC University yang kolaboratif dengan Markplus. Program ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan era digital yang terus berkembang pesat. Selain itu acara diisi dengan seminar yang menghadirkan pembicara yang inspiratif.
Rektor MNC University Mariati Tirta Wiyata menjadi pembicara pertama yang menyampaikan materi berjudul "The Future of Education: Challenges and Opportunities in the Digital Era". Dalam presentasinya, beliau menyoroti perubahan yang terjadi di dunia pendidikan akibat transformasi digital dan memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang yang dapat dimanfaatkan dalam era digital ini.
“Digitalisasi bertujuan untuk empowering people, hal ini membuat peran manusia menjadi sangat penting untuk memberikan dampak terhadap masyarakat,” kata Mariati.
Mariati menjelaskan Indonesia memiliki keterbatasan SDM dalam berkompetisi secara knowledge skills dan technical skills dalam menghadapi tantangan di era digital.
“Untuk menyongsong era digital, kita harus mempersiapkan diri lulusan sarjana sebaik mungkin dengan mengatasi tantangan yang di antaranya kebutuhan skill yang beragam, persaingan global, perubahan model kerja, dan keterampilan digital yang memadai,” kata Mariati.
Mariati melanjutkan, digitalisasi memang mengancam hilangnya berbagai profesi, namun akan muncul beragam profesi baru akibat berkembangnya era digital.
"Dengan adanya fenomena tersebut, kita harus agile, fleksibel, dan mudah beradaptasi untuk merespons perubahan yang diakibatkan dari digitalisasi," ujarnya.
Sementara itu CEO MarkPlus Inc Jacky Mussry menyampaikan materi berjudul "The Power of Content Marketing for Driving Success in the Digital Age".
Jacky berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pemasaran konten yang efektif serta bagaimana pemasaran konten dapat menjadi pendorong kesuksesan di era digital ini.
Menurut Jacky, meski perkembangan teknologi begitu pesat, humanity tetap harus berada di atas teknologi. Oleh karena itu, menjadi manusia di dunia digital adalah tentang membangun dunia digital untuk manusia.
“Manusia tidak boleh terpedaya dengan teknologi tapi dengan adanya teknologi kita mampu beradaptasi dan menggunakan semua teknologi tanpa harus mengurangi kemampuan daya pikir kita sendiri di era digital,” tuturnya.
Jacky melanjutkan konten dalam pemasaran digital sangat penting. Pemasaran konten adalah seni menyusun pesan menarik yang memicu percakapan dinamis serta harus mempertimbangkan style dam substansi.
“Sebuah konten marketing harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu menentukan clear objective, menentukan audiences yang jelas, membuat konten yang mudah disebarluaskan, menentukan media yang tepat, melakukan evaluasi konten marketing serta melakukan perbaikan konten,” ujarnya.