Pendistribusian memiliki arti penting demi mencapai sukses perusahaan pada bidang pemasaran. Dalam upaya mencapai keberhasilan di pasar, manajemen perlu menyadari adanya pengaruh dari para pelanggan dan pesaing perusahaan.
Pemilihan pendistribusian merupakan suatu hal terpenting yang harus ditentukan manajemen karena bersifat kritis, dibutuhkan kecermatan, serta ketelitian yang tinggi. Oleh karena itu, pemilihan saluran distribusi yang tepat dan efektif bisa membuat perusahaan mencapai keinginan penjualan.
Hasil produksi yang telah didistribusikan kepada masyarakat idealnya dapat dipakai atau dikonsumsi oleh masyarakat yang tepat. Persoalan yang muncul adalah apabila barang dikonsumsi dengan tepat oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan menjadi sia-sia karena tidak terjangkau oleh masyarakat sehingga proses konsumsi tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Dalam masalah ekonomi dan faktor yang mempengaruhinya, manusia selalu dihadapkan dengan berbagai macam tuntutan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi masalah ekonomi:
Berdasarkan pembentukannya, SDA terbagi menjadi dua bagian, yaitu sumber daya yang dapat diperbaharui (jumlah tidak terbatas) dan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui (jumlah terbatas dapat habis).