Polisi menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten. (Foto: MPI)
Tino Satrio

CILEGON, iNews.id - Arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten sudah memasuki puncaknya hari ini, Sabtu (7/5/2022). Polisi pun menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan.

Puncak arus balik memang diprediksi terjadi pada akhir pekan ini. Kepadatan pun mulai terlihat pada Jumat hingga Sabtu (6-7 Mei 2022) dini hari. Namun, kepadatan di Pelabuhan Merak dan Gerbang Tol (GT) Merak-Jakarta tidak sampai mengular panjang.

"Prediksi kami tanggal 6, 7, 8 Mei 2022 itu bisa dikatakan puncak pemudik yang akan kembali ke Jawa. Sehingga akan terjadi kepadatan," kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, saat ditemui di Pelabuhan Merak, Sabtu (7/5/2022).

Rekayasa lalu lintas akan diaktifkan jika terjadi kepadatan yang membuat kendaraan roda empat mengular di GT Merak-Jakarta. Empat gerbang masuk tol akan dibuka, dan dua gate keluar akan ditutup.

Kemudian seluruh kendaraan roda empat akan dialihkan ke arah Jalan Cikuasa Atas. Rute ini disebut mampu menampung lebih banyak kendaraan pribadi para pemudik.

"Kalau agak padat nanti bisa empat gerbang masuk, dua gerbang keluar. Mengingat nanti kita ada para pemudik yang dari Sumatra ke Jawa, kembali ke Sumatra lagi, jadi dua-duanya jalan," ucap Sigit.

Jika rekayasa ini gagal, masih ada rencana antisipasi lainnya. Para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan di arahkan melalui Jalan Cikuasa Bawah untuk masuk ke GT Cilegon Barat maupun Timur.

Polisi juga akan melakukan penutupan sejumlah persimpangan penyebab kemacetan mulai dari depan Pelabuhan Merak hingga ke arah GT agar tidak ada hambatan dari lalu lalang kendaraan.

"Atau sebagian dilewatkan ke bawah, nanti pilihannya bisa masuk Tol Merak atau Cilegon Barat, namun sampai saat ini masih tertampung," tuturnya.


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT