Menlu Retno Marsudi . (Foto: Ist)
Dominique Hilvy Febriani

JAKARTA, iNews.id - Kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) ke Jakarta dua pekan lalu ternyata tidak sekadar membahas penguatan hubungan bilateral dan kawasan, tetapi juga mengangkat isu mengenai normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. Ada solusi yang ditawarkan Indonesia. 

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menegaskan Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan Resolusi Dewan Keamanan PBB serta parameter yang disepakati secara internasional. 

“Hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan berdasar parameter internasional yang telah disepakati,” kata Menlu Retno dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri RI (27/12/2021).

Dia juga mengatakan dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Abbas pada 16 Desember 2020, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tidak berniat membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Retno mengatakan bahwa Indonesia terus memperkokoh karakter dan kepemimpinannya dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan untuk menghindari korban sipil di wilayah konflik.

“Mengedepankan peran sebagai bridge builder; dan memegang teguh prinsip inklusifitas dan transparansi,” katanya.

Dia mengatakan, di tengah berbagai macam tekanan, Indonesia mampu menunjukkan konsistensinya dalam menjalankan prinsip-prinsip hukum internasional salah satunya yang dilakukan Indonesia untuk isu Palestina.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq

BERITA TERKAIT