UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Waktu Kerja 40 Jam, Lembur Maksimal 4 Jam Sehari
JAKARTA, iNews.id - Pemerintah membatasi waktu kerjalembur maksimal 4 jam dalam sehari atau 18 jam dalam satu minggu. Ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan.
Aturan mengenai batas waktu lembur tercantum dalam Pasal 116. Dalam ketentuan tersebut, pemberi kerja yang mempekerjakan pekerja atau buruh melebihi waktu kerja normal wajib memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk memperoleh persetujuan dari pekerja yang bersangkutan.
Selain itu, perintah kerja lembur harus diberikan secara tertulis dan/atau melalui media digital oleh pemberi kerja. Adapun batas waktu lembur ditetapkan paling lama 4 jam dalam satu hari dan 18 jam dalam satu minggu.
Sementara itu, ketentuan waktu kerja normal dalam Pasal 115 UU tersebut ditetapkan selama 7 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk pola 6 hari kerja. Adapun pekerja dengan pola 5 hari kerja memiliki waktu kerja 8 jam sehari dan 40 jam seminggu.
Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan di luar ketentuan waktu kerja normal tersebut dihitung sebagai kerja lembur.