JAKARTA, iNews.id – Lembaga Survei Alvara Research Center memaparkan hasil survei terbaru terkait tema kampanye capres dan cawapres Pemilu 2019 yang populer di masyarakat. Alvara mencatat ada tiga tema dari pasangan nomor urut 01 Joko Widodo- Kiai Ma’ruf Amin dengan tingkat pengenalan masyarakat di atas 50 persen.
“Tema yang diketahui publik sering dikampanyekan oleh pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf adalah pelayanan kesehatan 73,7 persen, pembangunan infrastruktur 56,8 persen, dan pelayanan pendidikan 55,5 persen,” kata CEO dan Founder Alvara Research Center Hasanuddin Ali di Jakarta, Jumat (11/1/2019).
Menurut dia, ada dua tema lain yang dikampanyekan Jokowi-Ma’ruf tingkat pengenalannya di bawah 50 persen. Yakni, kemudahan lapangan kerja 24,3 persen dan pelayanan transportasi publik sebesar 23,7 persen.
Sementara pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih condong mengkampanyekan tema tentang perekonomian. Namun, tingkat pengenalan masyarakat masih di angka di bawah 50 persen. Seperti kemudahan lapangan kerja 37 persen, stabilitas harga bahan pokok 31,5 persen, kondisi ekonomi nasional 27,9 persen, pelayanan kesehatan 26,9 persen, dan pelayanan pendidikan 24,1 persen.
“Dari sini kita bisa lihat bahwa tema pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin lebih menitikberatkan pada kesehatan, infrastruktur, dan pendidikan. Sementara itu tema kampanye pasangan Prabowo-Sandi lebih menitikberatkan pada isu-isu seputar ekonomi, terutama tenaga kerja, dan stabilitas harga,” ujar dia.