Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan tersangka terorisme yang ditangkap di Magetan pernah mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI. (Foto: Antara)
Puteranegara Batubara

JAKARTA, iNews.id - Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu tersangka terorisme berinisial RY alias D di Magetan, Jawa Timur (Jatim). Dia diduga pernah mengikuti pelatihan di Suriah dan berperan membuka jalur internasional Jemaah Islamiyah (JI) di sana.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan RY alias D pada tahun 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI.

"Dia melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syrian Army (FSR) dan bergabung di pelatihan militer," kata Ramadhan, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Kemudian, kata Ramadhan tersangka juga merupakan anggota bidang hubungan internasional Jemaah Islamiyah. Lalu, pada tahun 2015 yang bersangkutan melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul untuk membangun hubungan dengan Jabah Musrok.

"Pada saaat di Suriah yang bersangkutan ditahan oleh kelompok militer ISIS. Kemudian yang bersangkutan juga mempunyai koneksi langsung ke Yaman dalam membuka jalur hubungan JI dengan Al-Qaeda untuk melakukan pelatihan militer di Suriah," ujar Ramadhan. 

Menurut Ramadhan, tersangka juga pernah membangun komunikasi dengan Dulmatin di Magetan, Jawa Timur. 


Editor : Rizal Bomantama

BERITA TERKAIT