Wapres Ma’ruf Amin saat membuka ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam. Foto: Ist.
Binti Mufarida

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan pemerintah menyiapkan penghargaan bagi atlet-atlet berprestasi atau yang berhasil meraih medali di ajang ASEAN Para Games 2022. ASEAN Para Games 2022 berlangsung dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

“Pemerintah akan memberikan penghargaan sesuai yang sudah direncanakan kepada para atlet-atlet berprestasi,” ungkap Wapres dikutip dari keterangan resminya, Minggu (31/7/2022).

Terdapat 14 jenis olahraga yang dipertandingkan, di antaranya atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, bocia, judo, goalboal, tenis kursi roda, panahan, CP football, bola volley duduk dan basket kursi roda.

Indonesia sebagai tuan rumah akan menurunkan sekitar 200 atlet mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Wapres pun berharap kontingen Indonesia dapat meraih juara umum di ajang tersebut.

“Kita harapkan Indonesia bisa jadi juara umum ya, dan ke depannya memang kita sudah punya Desain Besar Olahraga Nasional, yaitu dalam rangka meningkatkan prestasi dan melakukan pembinaan yang lebih tertata dengan baik, dengan desain target-target,” harapnya.

Ma'ruf mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 minim adanya penyelenggaraan event olahraga internasional, sehingga dia memberikan apresiasi atas penyelenggaraan ASEAN Para Games tahun ini.

“Alhamdulillah Menpora, Gubernur, Pak Wali Kota bisa menyelenggarakan dan saya kira ini sesuatu prestasi yang luar biasa untuk mendorong semangat atlet para games ini yang memang sudah lama tidak ada event-event internasional yang diharapkan oleh mereka,” katanya.


Editor : Reza Fajri

BERITA TERKAIT