Pada sesi kedua, Founder Langkah Inovasi Indonesia Hafidz Ridha membahas bagaimana design thinking menjadi kerangka penting dalam menciptakan solusi bisnis yang inovatif dan berpusat pada manusia (human-centered design).
Hafidz menjelaskan lima tahap design thinking Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang dapat membantu mahasiswa memahami masalah secara mendalam dan menghasilkan solusi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat maupun industri.
“Design thinking bukan hanya metode kreativitas, tetapi cara pandang untuk memahami manusia agar inovasi tidak hanya berguna, tapi juga berdampak,” ujar Hafidz.
Dengan terselenggaranya workshop ini, MNC University bersama Himpunan Mahasiswa Manajemen berharap wawasan yang diberikan para praktisi dapat menjadi bekal penting bagi 85 mahasiswa yang hadir. Penguasaan pengelolaan emosi sebagai fondasi keberlanjutan usaha, dipadukan dengan kerangka design thinking sebagai pendekatan inovasi, diharapkan mampu mencetak lulusan yang memiliki mindset kuat, adaptif dan relevan dengan kebutuhan pasar.
Acara ini menegaskan komitmen MNC University dalam menyediakan pengalaman belajar yang aplikatif dan berbasis industri untuk mendukung pengembangan diri mahasiswa dan kesiapan mereka menghadapi dunia bisnis modern.