Penasaran, perusahaan karoseri mana saja di Indonesia yang menjadi langganan PO bus? (Foto: Galery Instagram)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak perusahaan karoseri di Indonesia. Ini tidak lepas dari berkembangnya perusahaan otobus (PO) di Tanah Air.

Naiknya standar pelayanan bus membuat minat masyarakat Indonesia menggunakan angkutan umum ini meningkat. Bahkan, mereka memiliki komunitas dan bus-bus favoritnya. 

Ini tak lepas dari peran perusahaan karoseri dalam mendesain dan membangun bus sesuai dengan tren dan keinginan busmania. 

Penasaran, perusahaan karoseri mana saja di Indonesia yang menjadi langganan PO bus? Intip deretannya, mana yang menjadi favorit Anda. 

1. Adi Putro

Nama Adi Putro tentu tidak asing lagi di telinga. Karoseri asal Malang, Jawa Timur ini sudah eksis sejak 1973. Adi Putro memiliki nama besar berkat keahliannya memproduksi bus dengan desain menarik.

Tidak hanya bus-bus reguler yang didesain, Adi Putro juga andal dalam menghadirkan bus-bus kelas eksekutif bahkan beberapa di antaranya merupakan bus double decker.

2. Tentrem

Sama seperti Adi Putro, Karoseri Tentrem juga berasal dari Kota Malang. Tidak kalah dari Adi Putro, Karoseri Tentrem juga membuktikan jika mereka memiliki keunggulan dan keahlian sendiri. 

Ini dibuktikan dengan diterimanya sertifikat resmi dari Mercedes-Benz dalam standarisasi body bluider di atas Chasis Mercedes-Benz. Selain itu, Tentrem merupakan karoseri pertama di Indonesia yang membangun bodi bus di atas chassis Scania K380IB.

3. Laksana

Karoseri Laksana berdiri pada 1970. Semula Laksana merupakan perusahaan penyedia mesin otomotif. Namun seiring berjalannya waktu, Laksana terus berkembang hingga memproduksi bus.

Laksana merupakan karoseri dengan jumlah produk paling banyak di antara industri karoseri yang lain. Laksana memiliki beberapa karya andalan, seperti bus Proteus, Discovery dan All New Legacy Sky. 

Tidak di Indonesia, mereka juga mengekspor koreserinya ke luar negeri. Salah satunya Bangladesh. 

4. New Armada

Berdiri sejak1974, New Armada memiliki markas yang sangat besar di Jalan Raya Metoyudan, Malang. Karoseri ini didirikan oleh David Herman Jaya.

Berkat kemahirannya dalam manufaktur mobil, karya-karya karoseri New Armada ini sudah banyak di ekspor ke beberapa negara, seperti Kenya, Suriname, Banglades dan Suriname.

5. Tri Sakti

Tri Sakti merupakan karoseri pelopor bus double decker. Double decker pertamanya diluncurkan pada 2012 lalu dengan mengusung nama Werkuda yang menggunakan sasis Mercedez tipe OH1526.

Werkuda ini merupakan bus double decker wisata di Solo. Sekarang ada lebih banyak double decker yang dibuat oleh Tri Sakti. 


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT