Lampu tersebut akan mengaktifkan lampu jauh jika kondisi jalan yang dilewati tidak mendapatkan penerangan secara otomatis. Sebaliknya lampu akan berpindah ke mode lampu dekat jika jalan yang dilintasi cukup terang.
Begitu juga jika saat bertemu dengan mobil yang datang dari arah berlawanan. Teknologi adaptive headlight akan mengatur kondisi lampu mobil agar tidak menyilaukan pengemudi mobil lain tersebut.
Tapi, teknologi Adaptive Headlight hanya ditemukan di mobil-mobil premium. Jadi untuk mobil-mobil lain yang tidak dilengkapi teknologi ini mau tidak mau harus memahami etika penggunaan lampu jauh.
Kepolisian juga mengatur lampu dekat hanya digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang lalu lintasnya ramai. Sementara lampu jauh digunakan pada jalan-jalan yang sepi dan minim penerangan untuk membantu pengemudi menjangkau obyek atau rintangan di depan.
Polisi melarang lampu jauh digunakan di jalan-jalan yang padat lalu lintasnya atau jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan. Sebab, sinar terang pada lampu jauh dapat menyebabkan pengendara di depan terganggu penglihatannya (silau).