5 Teknologi Sistem Pengereman Mobil Rally, Canggih dan Kurangi Risiko Kecelakaan

Komaruddin Bagja
Teknologi sistem pengereman pada mobil rally, sistem ABS (Foto: how a car works)

JAKARTA, iNews.id - Sistem pengereman pada mobil rally biasanya menggunakan teknologi canggih untuk memberikan performa dan daya tahan yang maksimal dalam kondisi balapan yang berat. 

Apa itu balapan rally mobil?


Balapan rally mobil adalah salah satu jenis balapan mobil yang melibatkan mobil-mobil yang dirancang khusus untuk digunakan dalam kondisi balapan off-road. 

Mobil-mobil rally biasanya memiliki suspensi yang kuat, banlebih lebar, sistem pengereman canggih dan sistem penggerak empat roda (4WD) yang dapat mengatasi berbagai kondisi jalan, termasuk jalan yang berlumpur, berbatu, berpasir, dan berair.

Teknologi Sistem Pengereman Mobil Rally 


Sistem pengereman pada mobil rally biasanya menggunakan teknologi canggih untuk memberikan performa dan daya tahan yang maksimal dalam kondisi balapan yang berat. 

Beberapa teknologi yang digunakan pada sistem pengereman mobil rally antara lain:

1.ABS (Anti-lock Braking System)

 Teknologi ABS pada mobil rally membantu pengendara untuk mengontrol mobil dengan lebih baik pada saat mengerem. 

ABS mencegah roda mengunci saat pengereman, sehingga pengendara tetap dapat mengendalikan mobil dengan baik dan menghindari terjadinya selip.

2.EBD (Electronic Brakeforce Distribution)

EBD adalah teknologi yang membantu mendistribusikan gaya pengereman secara otomatis ke setiap roda pada mobil. 

Dalam kondisi balapan yang berat, sistem ini membantu mengurangi kemungkinan terjadinya selip pada salah satu roda yang menerima gaya pengereman lebih banyak dari roda yang lain.

3.Brake Bias Controller

Teknologi ini memungkinkan pengendara untuk mengatur distribusi gaya pengereman secara manual ke setiap roda pada mobil. Hal ini memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan pengereman sesuai dengan kondisi jalan dan jenis tikungan yang ditemui.

4.Ventilated Brakes

Rem ventilasi adalah teknologi yang dirancang khusus untuk mengatasi panas yang dihasilkan saat mobil digunakan dalam kondisi balapan. 

Sistem ini menambahkan lubang kecil pada rotor rem, sehingga panas dapat didistribusikan dengan lebih baik dan mengurangi risiko overheat pada sistem pengereman.

Editor : Komaruddin Bagja
Artikel Terkait
Bisnis
9 bulan lalu

Sempat Terkendala Sistem Pengereman, LRT Jabodebek Kembali Beroperasi Normal

Motor
1 tahun lalu

Rem ABS Bakal Diwajibkan, Ini Deretan Motor Matik Sudah Pakai Anti-lock Braking System

Mobil
1 tahun lalu

Suzuki Recall 2 Juta Kendaraan Terkait Skandal Sertifikat Pengereman

Aksesoris
4 tahun lalu

Kenali 3 Jenis Rem ABS untuk Motor, Honda: Skuter Matic Tak Usah Neko-Neko Cukup Pakai Ini

Motor
5 tahun lalu

Kemenperin Dukung Skuter Matik Dimodifikasi Jadi Sepeda Motor Listrik

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal