"Kondisi aki yang melemah, terjadi akibat tak adanya siklus pengisian ulang yang otomatis dilakukan saat mesin dalam kondisi hidup atau saat berjalan," katanya.
Kedua, lanjut dia, kerusakan bisa menyerang sektor kaki-kaki kendaraan, dalam hal ini ban. Akibat terlalu lama berdiam membuat tekanan udara ban berkurang hingga akhirnya mengempis.
"Besar kemungkinan bisa menyerang bearing roda karena beban hanya terjadi pada satu titik, tidak ada rotasi atau pergantian tumpuan pada permukaan ban," ujarnya.
Sapta menyarankan, untuk mobil yang jarang dipakai, minimal rajin dipanaskan dua hari sekali. Panaskan selama 15 menit, agar alternator bisa mengisi daya aki kembali.
"Bila ingin maksimal, baiknya dipanaskan sambil berjalan agar roda ikut bergerak. Jangan lupa memeriksa kondisi oli mesin. Karena mobil lama tak dipakai, bisa saja oli mesin mengendap di bawah," katanya.