"Dinamakan FJ Bruiser karena memang sebagian besar desain mobil tetap dipertahankan. Hanya saja ada perubahan besar di bagian mesin dan kaki-kaki," tulis Toyota Motorsport.
Perubahan yang paling kentara memang adalah sektor kaki-kaki. Toyota FJ Bruiser dilengkapi dengan ban berukuran raksasa.
Otomatis hal itu berdampak pada suspensi dan sasis yang kini jauh lebih baru dan telah diperkuat. Over fender juga dipangkas jauh lebih besar guna mengakomodir ban BF Goodrich berukuran raksasa.
Toyota Motosrsport berupaya ingin menghadirkan konsep baru dari mobil offroad seperti halnya Toyota Land Cruiser FJ40. Mereka ingin mobil itu tidak hanya garang di medan berat tapi juga mampu berlari kencang di jalanan mulus.
Dari situ mereka langsung mencangkokkan mesin mobil balap Toyota yang berlaga di ajang NASCAR. Mesin itu adalah mesin V8 dengan kapasitas silinder 5.800 cc.
Dari sisi teknis mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 540 kW. Menariknya tenaga sebesar itu dihasilkan tanpa bantuan teknologi induksi mesin sepertu turbo dan supercharger.
Tenaga yang sebesar itu tentu membuat Toyota perlu berpikir untuk melindungi pengemudinya dari potensi bahaya. Dari situlah akhirnya Toyota merombak interior mobil seperti mobil balap yang lengkap dengan roll cage.
Jadi jangan berharap ada tampilan canggih dan moderen di sektor interior. Semuanya justru terlihat seperti mobil balap lengkap dengan panel-panel khusus.
Yang pasti penculik yang menggunakan mobil ini bakal jauh lebih garang dibanding sebelumnya.