"Adopsi EV di Indonesia lebih lambat dibandingkan di pasar global. Oleh karena itu, para pemimpin industri dan pembuat kebijakan sedang mempersiapkan masa depan di mana kendaraan ramah lingkungan dapat memainkan peran utama di pasar," ujar Hendra Lie, PWC Indonesia Automotive Leader.
PWC Indonesia menurut Hendra Lie mengajak para produsen, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan untuk mengedukasi masyarakat. Terutama mengenai layanan purna jual mobil listrik yang jadi kekhawatiran terbesar konsumen.
"Diperlukan kampanye kesadaran komprehensif yang menyoroti kemajuan teknologi kendaraan listrik, manfaat biaya jangka panjang, dan dampak positif terhadap lingkungan dapat dan harus mampu mengubah persepsi," kata Hendra Lie.
Diketahui saat ini harga baterai mobil listrik memang tidak murah.Salah satu contoh harga baterai mobil listrik Toyota bZ4X yang mencapai Rp540 juta. Harga itu nyaris setengah harga dari Toyota bZ4X yang mencapai Rp1,19 miliar.
Begitu juga dengan harga baterai Hyundai Ioniq 5 yang ada di rentang harga Rp300 juta hingga Rp400 juta. Saat ini memang pihak produsen mobil listrik telah memberikan garansi baterai mobil listrik yang cukup lama hingga nyaris 8-10 tahun.
Namun begitu masa garansi selesai mau tidak mau jika ada kerusakan pada baterai, maka pemilik mobil listrik itu harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.