Honda CR-V generasi terbaru ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu turbo dan hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV). (Foto: Honda)
Dani M Dahwilani

TORRANCE, iNews.idHonda memperkenalkan CR-V generasi terbaru di Amerika Serikat (AS). Mobil generasi keenam tersebut ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu turbo dan hybrid (Hybrid Electric Vehicle/HEV). 

Honda CR-V terbaru akan mulai dijual di Amerika Serikat pada musim panas tahun ini. Khusus untuk Honda CR-V jenis hybrid akan diproduksi dan dijual pada musim gugur. 

Tampilan Honda CR-V mengalami perubahan radikal. Mobil SUV ini terlihat lebih sangar dari model saat ini dengan grill berwarna hitam tegas. 

All New Honda CR-V hadir dengan teknologi dan fitur baru, seperti Retuned Real Time All-Wheel Drive with Intelligent Control, Hill Descent Control, Snow driving mode, next gen front airbags, new standard knee and rear passenger side-impact airbags, Honda Sensing® yang hadir dengan new wide-view camera and radar, new Traffic Jam Assist (TJA), Low-Speed Braking Control serta Traffic Sign Recognition system (TSR). 

Untuk kenyamanan CR-V generasi keenam mempunyai kapasitas ruang kabin serta ruang kargo lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. 

Untuk fitur dalam kabin, CR-V terbaru menyematkan new 7-inch touchscreen audio system (untuk varian EX & EX-L). Sementara itu untuk varian HEV menggunakan 9-inch touchscreen audio system, wireless Apple CarPlay® & Android Auto™, Qi-compatible 15W wireless smartphone charging serta 12-speaker Bose premium audio system. 

Honda CR-V generasi keenam ditawarkan dalam empat varian, yaitu EX, EX-L, Sport dan Sport Touring. Untuk varian All New CR-V tipe EX dan EX-L menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter turbocharged 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. 

Sementara untuk All New CR-V tipe Sport dan Sport Touring menggunakan mesin berkapasitas 2.0 liter 4 silinder segaris dipadu dengan dua motor sistem hybrid (two motor hybrid system) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 204 HP.

All New Honda CR-V generasi keenam tipe EX & EX-L menggunakan transmisi CVT dilengkapi teknologi Step-Shift programming, yang membuat perpindahan gigi lebih terasa ketika berkendara. Sementara untuk tipe Sport dan Sport Touring menggunakan transmisi two-motor hybrid system. 

Honda CR-V terbaru memiliki pilihan mode berkendara ECON, Normal dan Snow untuk tipe EX & EX-L. Kemudian ECON, Normal, Snow dan Sport untuk tipe Sport dan Sport Touring.

Mike Kistemaker, Assistant Vice President of Honda sales at American Honda Motor mengatakan, sebagai model SUV dengan penjualan terbaik selama kurun waktu 25 tahun, Honda CR-V telah memainkan peranan yang sangat penting.

"Kini pada Honda CR-V generasi keenam kami sangat berharap bisa kembali memainkan peranan penting, di mana varian HEV diharapkan dapat menyumbang 50 persen dari total penjualan model ini,” ujarnya.

All New Honda CR-V generasi keenam diproduksi di the East Liberty Auto Plant di Ohio, the Indiana Auto Plant, serta Honda of Canada Mfg. Honda mulai memproduksi Honda CR-V di Amerika Utara sejak 2006 dan telah terjual lebih dari 5 juta unit.

Kapan masuk ke Indonesia? Menarik untuk ditunggu. Jika melihat momen peluncuran, Honda besar kemungkinan akan memperkenalkan CR-V terbaru di GIIAS 2022 pada Agustus mendatang.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT