NHTSA mengusulkan revisi aturan untuk perlindungan penumpang, kontrol kemudi, bahan kaca, kunci pintu, sistem tempat duduk, perlindungan benturan samping, ketahanan benturan atap dan sistem keselamatan untuk anak.
Di sisi lain, perusahaan seperti General Motors Co, Alphabet Inc's Waymo, Uber Technologies Inc dan Ford Motor Co secara agresif menguji kendaraan otomatis.
David Friedman, yang merupakan wakil administrator NHTSA selama pemerintahan Barack Obama, mengatakan badan dinilai gagal mengadopsi peraturan penyelamatan jiwa.
“Itu jelas merupakan kegagalan untuk memenuhi misi NHTSA menyelamatkan nyawa dan mencegah cedera, terutama jika Anda mempertimbangkan ada teknologi di luar sana sekarang yang dapat mengurangi setengah dari jumlah kematian tahunan,” kata Friedman.
NHTSA membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan perubahan atau mengadopsi standar keselamatan kendaraan bermotor baru.
Pada Februari 2018, NHTSA menyelesaikan aturan yang mewajibkan "mobil tanpa suara mesin" seperti kendaraan listrik untuk mengeluarkan suara guna memperingatkan pejalan kaki tentang pendekatan setelah Kongres menuntut aturan tersebut pada 2010.