Memindahkan gigi di jalan menanjak atau menurun berisiko masuk ke gigi netral," ujar Wildan..Selain sistem pengereman overheat alias terlalu panas, tekanan angin juga dapat menurun sehingga tidak ada tekanan untuk membantu pengereman yang berakibat rem blong. Diperlukan pemahaman agar pengemudi tahu cara mengendalikan kendaraannya.
"Prosedur mengemudi di jalan menurun. Gunakan gigi rendah sebelum memasuki jalan menurun. Aktifkan exhaust brake saat RPM mulai mendekati zona merah. Jika RPM tetap naik hingga zona merah, injak pedal rem dan nonaktifkan exhaust brake hingga RPM turun. Lepas pedal rem saat RPM sudah turun. Jika RPM kembali naik, aktifkan Kembali exhaust brake. Ulangi langkah ini sesuai kebutuhan," ucap Wildan.
Selain itu, Wildan mengungkapkan temuan KNKT pengemudi kerap berkendara lebih dari 12 jam. Hal tersebut membuatnya kelelahan dan berisiko mengalami microsleep atau terlelap beberapa detik saat kendaraan melaju kencang yang dapat menyebabkan kecelakaan fatal.