Mengintip deretan kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia dari model sedan hingga truk. 
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Menarik mengintip deretan kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia. Setidaknya ada beberapa kontes modifikasi mobil yang diselenggarakan pecinta otomotif.

Mulai dari gaya aliran hingga kriteria penilaian menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat umum pun ikut menikmati kontes ini. 

Lalu, kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia apa saja yang kerap ditunggu-tunggu pecinta otomotif? Berikut deretannya. 

1. Indonesia Automodified (IAM)

IAM Automodified menjadi salah satu kontes modifikasi mobil terbesar di Indonesia. Tiap kali melangsungkan kontes, ada ratusan mobil modifikasi dari klub dan komunitas yang diikut sertakan.

Kontes modifikasi mobil ini rutin diadakan setiap tahunnya. IAM Automodified hadir dengan beragam konsep, mulai dari street racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme.

2. Indonesia Modification Expo (IMX)

IMX adalah salah satu gelaran yang paling ditunggu oleh para pecinta otomotif dan pecinta modifikasi. Setiap kali diselenggarakan, peminatnya akan membludak karena ada banyak mobil modifikasi yang disertakan.

Selain deretan mobil modifikasi terbaik di Indonesia. IMX juga menghadirkan berjejer produk-produk aftermarket. IMX digelar setiap tahun dan sukses menjadi medium perilisan produk-produk aftermarket.

3. BlackAuto Battle

Blackauto Battle menjadi salah satu barometer dunia car tuning tanah air dan menjadi standar benchmark modifikasi tanah air. Sempat vacum, BlackAuto Battle kini hadir dengan format berbeda.

BlackAuto Battle digelar secara streaming dengan mengusung muka baru, yakni BlackAuto Virtual Battle. Dalam ajang kontes modifikasi ini terdapat dua kelas, yakni Contest Car dan kelas Culture Car.

4. Jogjakarta Truck Festival

Sesuai dengan nama yang diusung, kontes modifikasi yang satu ini diisi oleh ratusan mobil truk dan mobil pickup. Jogjakarta Truck Festival diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Kontes modifikasi ini terbilang unik. kendaraan-kendaraan berat tersebut dimodifikasi dengan berbagai kreativitas dari pemiliknya. Selain itu juga ada atraksi yang akan dilakukan oleh peserta.

5. Intersport Auto Show

Sebelum pandemi Covid-19, kontes modifikasi Intersport Auto Show menjadi agenda tahunan penggemar modifikasi di Tanah Air. Melalui ajang ini Indonesia diharapkan menjadi kiblat baru modifikasi, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

"Standarisasi naik, kita menyarankan peserta melakukan perubahan lebih sempurna. Kita ingin melihat kultur modifikasi di Indonesia seperti apa sehingga diakui dunia," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Intersport Auto Show 2019, Andre Irwan.

Dia menyebutkan ajang Intersport di Indonesia diharapkan menjadi acuan modifikasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

"Kami berharap Indonesia menjadi kiblat baru di Asia Tenggara. Peserta harus menggunakan sparpart asli. Ini terkait dengan kualitas kendaraan yang proper dan safety," kata Andre.

Dino Dalle Carbonare, juri Intersport Auto Show dari Speedhunter, Jepang mengaku, kagum dengan sistem penjurian di ajang ini. Kualitas mobil modifikasi di Indonesia terbaik di Asia Tenggara.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT