Sebagai bentuk kearifan lokal, pemilik mobil keluarga di Indonesia punya syarat utama, yakni daya angkut maksimal meski setiap hari hanya diisi dua orang sekalipun. Karena posturnya kompak, penggunaan sasis monokok membuat lantai Calya dapat dibuat serendah dan serata mungkin.
Tidak hanya itu, aplikasi mesin gerak roda depan membuat ruang mesin dapat dibuat sekompak mungkin sehingga porsi kabin bisa diperluas. Sinergi beberapa aspek teknis itu membuat tujuh orang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Calya.
Guna menjaga kenyamanan, bangku tengah dapat dimaju-mundurkan untuk mendapatkan ruang kaki yang pas. Penumpang belakang dapat naik dengan mudah dengan adanya fitur one touch tumble untuk melipat bangku tengah.
Semua didapat tanpa mengurangi porsi bagasi, bahkan penumpang dapat melipat bangku belakang ke depan jika dibutuhkan sehingga volume bagasi lebih luas.
Fitur Lengkap di Kelasnya Problem klasik mengendarai mobil keluarga di Indonesia adalah suhu udara yang tinggi di siang hari. Semakin menyulitkan ketika seluruh baris bangku diduduki penumpang dan dalam kondisi jalan macet. Solusinya, Toyota Calya memiliki fitur rear air circulator yang membuat penumpang paling belakang sekalipun dapat memperoleh udara sejuk AC dari kabin depan.