PMI menggunakan kendaraan taktis Hagglund BV206 atau Bandvagn 206 membantu korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: PMI)
Rio Chandra Putra Pratama

JAKARTA, iNews.id - Palang Merah Indonesia (PMI) beserta tim gabungan dari anggota Kopassus, PMI, dan relawan PKPU mengevakuasi warga letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal menarik mereka menggunakan kendaraan taktis Hagglund BV206 atau Bandvagn 206. 

Diketahui, kendaraan tersebut dirancang untuk segala medan diproduksi perusahaan alutsista global Swedia pada 1980 yang awalnya diperuntukkan militer Swedia. 

Kendaraan multifungsi dengan roda rantai ini bisa melintasi medan berat di suhu panas. Selain itu bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang dan orang. 

Kehadiran kendaraan ini sangat membantu evakuasi korban tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa. 

Secara spesifikasoli Hagglund BV206 terdiri atas dua bagian total mampu menampung 17 orang sekali jalan. Masing-masing enam penumpang di kompartemen depan dan 11 di trailer bagian belakang. Daya angkut kendaraan ini mencapai 2.250 kg dan trailer 2.500 kg. 

Dimensi cukup luas dengan spesifikasi panjang 6,9 meter, lebar 1,87 m dan tinggi 2,4 m. Hagglunds ditopang mesin Ford Cologne V6 berkapasitas 2,8 liter terintegrasi dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan milik Mercedes-Benz W 4A-018. 

Kendaraan ini telah digunakan militer di berbagai negara dari bertempur, memberikan bala bantuan sampai evakuasi. Ketangguhannya di segala medan membuatnya banyak negara menggunakannya. 

Kegunaannya bergeser dan mulai dari pariwisata untuk mengangkut turis di resor ski pegunungan Alpen. Selain itu juga digunakan untuk pemadam kebakaran, ambulans, polisi gunung sampai ke sektor pertambangan. 

Satu unit Hagglund BV206 bekas militer dibanderol Rp2,2 miliar. Untuk harga baru pastinya jauh lebih mahal.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT