Mazda akan berinvestasi sebesar 1,4 triliun yen atau setara Rp166 triliun untuk mengembangkan kendaraan listrik. (Foto: Reuters)
Muhamad Fadli Ramadan

JAKARTA, iNews.id – Industri otomotif di seluruh dunia bergerak ke era elektrifikasi. Ini setelah berbagai negara menerapkan regulasi ketat mengenai emisi gas buang.

Namun, untuk menuju ke era kendaraan listrik membutuhkan investasi besar. Salah satu perusahaan yang melakukannya adalah Mazda yang sudah siap memulai era baru.

Dikutip dari Carscoops, Mazda memiliki strategi jangka menengah terkait kendaraan ramah lingkungan pada 2030. Mereka percaya ada peningkatan rasio penjualan kendaraan listrik (EV) secara global sebesar 40 persen.

Tak heran, Mazda rela menggelontorkan banyak uang untuk berinvestasi di proyek kendaraan listrik mereka. Kabarnya, produsen asal Jepang itu akan berinvestasi sebesar 1,4 triliun yen atau setara Rp166 triliun.

Investasi dan kemitraan baru tersebut mencakup produksi baterai, hingga motor penggerak listrik dan chip semikonduktor. Fase pertama antara 2022 dan 2024, akan fokus pada pengembangan.

Mazda akan memulai fase kedua antara 2025 dan 2027 yang akan menjadi ‘periode transisi’ dengan memperkenalkan mobil hybrid serta model EV untuk pasar China dan sebagian negara.

Untuk fase ketiga pada 2028-2030, Mazda akan meluncurkan kendaraan listrik secara global. Pada 2035, Mazda memiliki komitmen untuk membangun pabrik netral karbon.

Mazda juga mengumumkan target ambisiusnya, yaitu nihil kecelakaan yang melibatkan kendaraannya pada 2040. Saat ini, mereka sudah mulai fokus mengembangkan bantuan sistem keselamatan pengemudi.

Pengumuman ini juga beriringan dengan bocoran mobil konsep yang akan dijadikan kendaraan listrik Mazda, yakni MX-5. Model ini merupakan produk unggulan mereka yang nantinya akan diperbarui dengan gaya coupe.

Konsep yang belum disebutkan namanya ini mengadopsi desain bodi rendah dengan fender yang menonjol, atap fixed (bukan convertible), dan dua pintu gullwing besar. Tampilan dan proporsi secara keseluruhan sangat mirip dengan MX-5 ND saat ini.

Pada bagian depan, emblem Mazda yang berada di gril menyala, sedangkan lampu depan LED tampak memiliki semacam mekanisme pop-up.

Kaca depan dan belakang juga sangat besar dengan pilar yang mengingatkan mobil ini pada Mazda RX-7. Sementara bentuk lampu LED belakang yang membulat mirip dengan tiga generasi pertama MX-5.

MX-5 generasi berikutnya dikabarkan mempertahankan mesin pembakaran, dan mobil konsep tersebut tampaknya memiliki powertrain EV.

Ini terlihat dari sasis aluminium kendaraan, menampilkan sebuah kotak di belakang kabin di belakang kursi yang dapat digunakan untuk tempat menaruh baterai.

Tata letaknya tampaknya difokuskan pada bobot ringan dan dinamika berkendara, sesuai dengan warisan mobil sport merek Jepang tersebut.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT