Diameter setir pun tergantung pada ukuran kendaraan. Pada mobil penumpang, setir memiliki diameter sekitar 40 centimeter. Sementara roda kemudi truk dan bus memiliki diameter hingga 80 centimeter. Ini untuk menangani gaya kemudi yang lebih besar.
Untuk mengakomodasi perawakan yang berbeda dari masing-masing pengemudi, roda kemudi saat ini juga dapat disesuaikan baik secara vertikal maupun longitudinal.
Di sisi lain, roda kemudi menimbulkan risiko yang cukup besar bagi keselamatan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Kemajuan besar ini membawa integrasi airbag (kantung udara) ke setir. Sistem sensor mencatat tabrakan dan menggembungkan kantong dalam sepersekian detik. Airbag telah mencegah banyak pengemudi menderita cedera serius.
Kendaraan Masa Depan
Lalu bagaimana bentuk setir kendaraan di masa depan? Akankah mobil tidak akan memiliki roda kemudi sama sekali?
Satu hal yang pasti kendaraan otonom mengubah cara mengemudi yang ada saat ini. Jika Anda membeli mobil baru pasti akan menemukan banyak fitur yang ditawarkan dikembangkan di laboratorium kendaraan otonom.
Ini termasuk kontrol jelajah adaptif, peringatan keberangkatan jalur, dan sistem pengereman cerdas. Industri otomotif telah menetapkan lima tingkat mengemudi otonom, dan mobil baru telah mencapai tingkat dua dan tiga.
Tujuannya adalah agar orang-orang suatu hari yakin 100 persen menggunakan mobil otonom.