Mengenal Istilah Water Hammer, Air Masuk ke Ruang Bahan Bakar Mobil

Dani M Dahwilani
Water hammer atau hydrolocking adalah keadaan di mana mesin mobil mati mendadak disebabkan air masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake. (Foto: iNews.id/ Dani MD)

Bila mesin kendaraan mati, akan sangat sulit menyalakannya kembali karena air masuk ke dalam saluran mesin.

Jika di depan mobil Anda adalah SUV dan bannya terendam, berarti ketinggian air sekitar 40 cm. Ini bisa dibandingkan dengan kendaraan yang Anda bawa. Jika city car mobil Anda lebih tenggelam.

Jika tetap memaksa menerjang banjir, dan mobil Anda posisinya berada paling depan, Anda harus mengetahui posisi saluran udara atau air intake. Komponen ini terdapat di ruang mesin dan posisinya memang lebih tinggi dari knalpot. 

Sangat bahaya jika air intake ini kemasukkan air yang bisa menyebabkan apa yang disebut dengan water hammer. Apa itu?

Water hammer atau hydrolocking adalah keadaan di mana mesin mobil mati mendadak disebabkan air masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan sangat besar di ruang silinder oleh piston. 

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Megapolitan
11 hari lalu

Banjir Meluas, 10 RT di Bangka dan Pela Mampang Terendam Imbas Luapan Kali

Megapolitan
11 hari lalu

Jakarta Diguyur Hujan Deras, 1 RT di Kelurahan Bangka Jaksel Terendam Banjir

Nasional
12 hari lalu

Pramono Siagakan 1.200 Pompa Portabel dan Statis untuk Cegah Banjir saat Cuaca Ekstrem

Megapolitan
12 hari lalu

Jakarta Diguyur Hujan, 2 Ruas Jalan di Joglo Jakbar Terendam Banjir

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal