Menjajal Ketangguhan dan Efisiensi Bahan Bakar Volkswagen Tiguan Allspace (Foto: Riyandy/iNews.id)
Riyandy Aristyo

JAKARTA, iNews.id - Volkswagen Tiguan Allspace melakoni debutnya di gelaran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2019. Mobil ini merupakan versi terbaru dari Volkswagen Tiguan yang meluncur lebih dulu pada 2007.

Lantas  bagaimana ketangguhan serta performa yang dihasilkan Volkswagen Tiguan Allspace itu? Kebetulan iNews.id mendapatkan kesempatan untuk menjajal SUV andalan pabrikan asal Jerman tersebut.

Pertama kali melihat mobil ini, desain eksteriornya sangat elegan, khas mobil-mobil Eropa. Bentuk lampu depannya cukup ramping serta kompak dan menggunakan LED daytime running lights sehingga menampilkan kesan sporty.

Masuk ke interior, tampilan egronomisnya membuat pengemudi mudah mengoperasikan berbagai panel pengaturan seperti AC, infotainment dan informasi terkait mobil lewat layar digital touch screen berukuran 12,3 inci.

Sebelum melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor, tak lupa mengisi bahan bakar RON 92 sebesar Rp500.000. Di layar informasi, jumlah tersebut menunjukkan mobil bisa dikendarai hingga jarak 700 km.

Sementara perjalanan yang ditempuh dari Jakarta ke Puncak sebesar 72 km. Benar saja, indikator bensin menunjukkan angka 628 km. Padahal, selama perjalanan, kecepatan mobil berkisar diangka 80-100 km/jam. Artinya, mobil tersebut bisa dibilang irit bahan bakar.

Tak hanya itu, berkat teknologi kedap suara, penumpang tidak terganggu dengan suara-suara yang berasal dari sekitar. Hanya terdengar suara roda mobil yang berputar.

Bicara jantung pacu, Volkswagen Tiguan Allspace dibekali dengan mesin 1.4 TSI dengan turbocharge yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 kW pada 5.000-6.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.500-3.500 rpm.

Tiguan Allspace mampu berlari dengan kecepatan maksmimal 202 km per jam dan akselerasi dari 0-100 km per jam membutuhkan waktu 9,2 detik.

Hal menarik dari Volkswagen Tiguan Allspace yakni produksi mobil itu hasil rakitan dalam negeri dengan harga bersaing dan fitur sangat canggih di kelas mobil SUV. VW Tiguan Allspace dibanderol Rp533 juta on the road DKI Jakarta.



Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT