Pasar SUV di Indonesia Terus Tumbuh Lampaui LCGC dan MPV, Ini Strategi Honda

Dani M Dahwilani
Penjualan segmen sport utility vehicle (SUV) terus tumbuh pada 2021 telah melampaui penjualan LCGC dan MPV. (Foto: Dok Forwot)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19, pasar otomotif di Indonesia kembali meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Sampai 2020, MPV dan LCGC selalu merupakan segmen dengan penjualan terbesar, namun trennya cenderung menurun. 

Sementara itu, penjualan segmen sport utility vehicle (SUV) terus tumbuh pada 2021 telah melampaui penjualan LCGC dan MPV. Kontribusi penjualan SUV di pasar otomotif secara keseluruhan juga terus meningkat, sementara pasar MPV dan LCGC cenderung stagnan. Bahkan pada 2021, segmen SUV telah menjadi model dengan penjualan terbesar di Indonesia. 

Pertumbuhan segmen SUV di Indonesia salah satunya dipicu pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur ke berbagai wilayah di Indonesia. Pembangunan jalan tol dan jalan utama, perkembangan UMKM dan industri lokal di berbagai daerah, hingga rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia, mendorong terciptanya pasar otomotif baru. 

Di mana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi daerah sekitar serta kebutuhan mereka. Melihat karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia, konsumen otomotif di Indonesia memiliki kebutuhan dasar akan sebuah mobil, yaitu dapat menampung banyak orang, dapat memuat banyak barang, Rlreliabel dan harganya terjangkau, dan nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan. 

Seiring semakin berkembangnya kebutuhan konsumen, terutama di berbagai wilayah di Indonesia, banyak konsumen yang memilih SUV karena dianggap menawarkan berbagai kelebihan, seperti Ground Clearance lebih tinggi, mesin lebih bertenaga, kabin lebih nyaman, teknologi keamanan lebih canggih. 

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia, Honda melakukan riset untuk dapat menangkap apa yang diinginkan konsumen dari SUV. Hasilnya, selain faktor-faktor yang menjadi basic sebuah SUV, seperti fun to drive, teknologi, aktualisasi diri dan fungsi transportasi, Honda juga menangkap keinginan konsumen terhadap sebuah model SUV unik, sesuai dengan karakter mereka yang berbeda-beda. Sebab itu, Honda menciptakan karakter SUV yang berbeda untuk segmen yang berbeda.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
5 hari lalu

Mobil Ikonik, Kreativitas, dan Komunitas Bersatu di Honda Culture Indonesia Vol.2

Motor
7 hari lalu

Honda Scoopy Dapat Penyegaran Warna Baru, Intip Ubahannya

Mobil
16 hari lalu

Terjual 15 Juta Unit di Dunia, Intip Perjalanan Honda CR-V dari Generasi ke Generasi

Motor
20 hari lalu

Honda Pamer Mobil Listrik Super-ONE Prototype Bakal Diproduksi 2026, Apa Masuk Indonesia?

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal