JAKARTA, iNews.id - Daihatsu melaporkan penjualan ritel (retail sales) pada periode Januari-November 2022 sebanyak 172.449 unit. Itu berarti naik sekitar 29,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sejumlah 132.950 unit.
Sementara untuk pasar otomotif nasional, di periode yang sama raihan penjualan ritel mencapai sekitar 909 ribu unit atau naik sekitar 19 persen dibanding periode yang sama 2021, sekitar 761 unit.
Secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19 persen, atau naik sebesar 1,5 persen dibandingkan YTD November 2021 lalu sebesar 17,5 persen.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga November 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 42.513 unit, atau berkontribusi sekitar 24,7 persen; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 41.688 unit (24.2 persen); dan Xenia dengan raihan 22.222 unit (12,9 persen).
“Kami bersyukur dapat mempertahankan penjualan dengan capaian positif dengan kenaikan sebesar 30 persen hingga November 2022. Semoga raihan positif ini terus berlanjut, dan pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).