Untuk mencegah kepadatan lalu lintas akibat antrean di rest area, Kakorlantas Aan mengatakan sudah berkoordinasi dengan pengelola tempat peristirahatan. Melalui upaya ini diharapkan lalu lintas, baik masuk dan keluar rest area, tak menyebabkan kemacetan.
“Ini kita akan kelola bersama-sama dengan pengelola rest area bagaimana traffic flownya, penambahan pelayanan dari rest area itu sendiri sehingga arus lalu lintas yang menuju ke rest area ini bisa-bisa lancar,” ucapnya.
Aan menambahkan sumber kemacetan yang kerap terjadi di gerbang tol akibat pemudik belum mengisi saldo kartu elektronik. Ini dapat menyebabkan antrean panjang, terlebih saat tidak terdapat pos yang bisa mengisi ulang saldo e-money.
“Masih ada perilaku ini bisa memperlambat tertib lanjut di gate, namun dari pengelola jalan tol sudah mempersiapkan cara bertindak untuk mempercepat pelayanan di gerbang tol tersebut,” katanya.