Secara tahapan pembuatan mobil, Daihatsu mengawalinya dari Press Shop dimulai dari lempengen besi dicetak dengan mesin cetak ribuan ton untuk membuat setiap bagian potongan bodi mobil. Selanjutnya, pada fasilitas Body, setiap potongan bagian mobil disatukan menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan teknologi robotik terkini dan menghasilkan produk berkualitas tinggi.
Pada saat yang sama, pembuatan mesin mobil juga dilakukan di Casting Shop dimana blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi yang sempurna, disusul blok mesin yang sudah jadi dan telah dilakukan tes kualitas, dibawa ke Engine Shop untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan.
Bodi mobil dilakukan proses pengecatan dengan menyelupkan cairan cat dasar untuk membuat besi tahan karat dan memperkuat cat luar. Bantuan teknologi robotik, pengecatan cat luar kembali dilakukan untuk menghasilkan bodi mobil agar mengkilap sempurna.
Memasuki proses selanjutnya, setelah pengecatan bodi mobil dengan mesin siap disatukan menjadi mobil utuh di Assembly Shop. Terakhir, mobil utuh yang sudah jadi dilakukan berbagai macam pengujian melalui Quality Shop, seperti drum test untuk uji pengereman, dan water leaking test untuk pengujian kebocoran pada bodi mobil. Semua proses ini ditujukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan mobil Daihatsu dengan standar kualitas global.
Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda mengatakan capaian produksi ke-9 juta unit ini merupakan sebuah tonggak sejarah penting bagi eksistensi Daihatsu dalam berkontribusi bagi industri otomotif nasional. Capaian ini juga berkat dukungan para stakeholder termasuk lebih dari 1.700 supplier, lebih dari 700 UMKM, serta melibatkan lebih dari 1 juta tenaga kerja.
“Kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada pemerintah Republik Indonesia, pelanggan setia, rantai pasok, distributor, dealer, serta seluruh masyarakat Indonesia yang terus mendukung komitmen Daihatsu dalam berkarya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan menghadirkan solusi mobilitas," ujar Yasushi Kyoda.
"Semoga pencapaian ini dapat terus mendorong kami dalam berinovasi menyediakan kendaraan berkualitas, ramah lingkungan, tetap terjangkau sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta dapat berkontribusi kepada perkembangan industri otomotif di Indonesia, bahkan dunia,” katanya.