Kamera mobil Tesla Model 3 menangkap seorang perempuan sengaja menggores mobil sepanjang 4 inci di sisi pintu menggunakan kunci. (Foto: Carscoops)
Dani M Dahwilani

LONDON, iNews.id - Mode kamera pengawas, Tesla’s Sentry Mode terbukti sangat berguna mengidentifikasi pelaku kejahatan dengan merekamnya. Seperti yang terjadi pada Tesla Model 3 di Inggris. 

Kamera mobil ini menangkap seorang perempuan sengaja menggores mobil sepanjang 4 inci di sisi pintu menggunakan kunci. 

Dilansir dari Carscoops, Senin (3/1/2021), pelaku Anna Valente (57), membuat penonton tampak seolah-olah dia baru saja mengambil sesuatu dari mobilnya. Kamera onboard di spatbor depan menangkapnya diam-diam menyeret kunci di belakang punggung menggores pintu Model  3. 

Kerusakan tidak terlihat sampai istri pemilik pulang dari toko. Dia memperhatikan goresan itu, dan memutuskan memeriksa hard drive untuk melihat apakah ada yang tergores.   

Dia menangkap sesuatu yang dilakukannya, karena selain keying yang sebenarnya, sudut kamera berbeda dalam video juga menunjukkan Valente berjalan ke Model 3, memperlihatkan wajahnya, serta cuplikan dari Nissan Juke-nya, memungkinkan polisi melacaknya.  

Alasan tindakan itu tak diduga karena Tesla diparkir terlalu dekat dengan mobilnya. Mobil tersebut parkir di atas garis putih menghalangi kendaraan di sebelahnya saat anjingnya berada di kursi penumpang. 

Atas perbuayannya, Valente diperintahkan untuk membayar pemilik mobil Model 3 sebesar 1.078,83 pounds (1.447,79 dolar AS/Rp20 jutaan) untuk mengganti kerusakan.   

Menurut Daily Mail, ini menandai apa yang diyakini sebagai pertama kalinya rekaman rekaman Tesla digunakan sebagai barang bukti dalam penuntutan pidana di Inggris. 

“Kendaraan yang terlibat memiliki CCTV memberikan gambar berkualitas tinggi yang jelas dan luar biasa menangkap terdakwa penyebab kerusakan. Terdakwa diidentifikasi dari rekaman dan kemudian dibawa ke pengadilan untuk menghadapi konsekuensi atas tindakannya,” kata pihak berwenang.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT