Rahasia Toyota Dominasi Pasar Otomotif Nasional

Dani M Dahwilani
Toyota mengungkapkan, perusahaan tidak hanya memberikan produk dan teknologi, tapi juga meningkatkan peran aftersales untuk memberikan pelayanan terbaik. (Foto: Istimewa)

Penghargaan JD Power

Dalam hal pelayanan dan kepuasan pelanggan, Toyota Indonesia sendiri berhasil meraih posisi tertinggi sebagai perusahaan roda empat dengan layanan purnajual terbaik dalam Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2017. Penghargaan tersebut diberikan JD Power Asia Pasific, lembaga konsultasi marketing berskala global.

Studi dilaksanakan JD Power terhadap 3.175 pemilik kendaraan baru yang menerima pengiriman kendaraan pada Maret 2015 - September 2016, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2016 - September 2017.

Berdasarkan studi tersebut, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan nilai sebesar 774 poin. Angka tersebut di atas rata-rata indeks perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam studi tersebut, yaitu 770 poin. Di mana Toyota Indonesia unggul dalam dua faktor, yaitu service initiation dan service quality.
 
President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tertinggi yang diperoleh Toyota Indonesia dalam CSI Study 2017.
 
“Terima kasih kami ucapkan kepada semua team di Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan ini. Gelar ini tidak akan dapat diraih tanpa team work yang kuat dan improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan,” ujar Nakata.

Selain berkat kerja sama semua team Toyota, lanjut dia, penghargaan tersebut juga tidak terlepas dari peran pelanggan setia Toyota selama ini. Sehingga, untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan, Toyota akan selalu berupaya menghadirkan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service, melebihi harapan pelanggan.

“Kami juga selalu berupaya untuk tetap menjaga kepercayaan dan selalu berusaha meningkatkan level kepuasan pelanggan dalam setiap tahapannya. Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan,” tandas Nakata.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Niaga
6 bulan lalu

Viral, WNI di Jepang Jual Mobil Mewah Toyota Vellfire Hanya Laku Rp7 Juta

Mobil
1 tahun lalu

Uji Coba Toyota SMART di Ubud Rampung, Tingkat Kepuasan Pelanggan Tinggi

Mobil
1 tahun lalu

Model Berbeda, Toyota Pastikan Kendaraan di Indonesia Tak Terdampak Kasus Uji Sertifikasi di Jepang

Mobil
2 tahun lalu

Di Tengah Krisis Global, Toyota Indonesia Ekspor 285.000 Unit Mobil ke 100 Negara

Mobil
2 tahun lalu

Viral Mobil Terbengkalai Sudah Ditumbuhi Rumput, Mesinnya Masih Bisa Hidup

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal