JAKARTA, iNews.id - Bagi beberapa pemilik kendaraan pernah mengalami gejala roda mobil seperti terkunci atau tersendat. Laju mobil seolah tertahan diselingi suara aneh pada area roda.
Gejala tersebut dianggap cukup serius bagi sebagian besar pengguna kendaraan. Apa yang terjadi? Jika ditelusuri secara umum gejala tersebut disebabkan karena kurangnya perhatian pada area roda.
“Gejala nge-lock atau seperti terkunci muncul karena kampas rem masih menjepit cakram ketika mobil mau dijalankan. Umumnya terjadi ketika mobil habis jalan lalu dicuci dan tidak jalan dalam waktu lama. Proses pengeringan tidak optimal di area roda rawan timbul karat atau residu. Alhasil posisi kampas sulit ke posisi bebas (free),” ujar Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak, Jakarta, Rafi’i Sinurat dalam keterangan pers dilansir Rabu (17/3/2021).
Bagaimana menghindarinya? Dia mengatakan, perawatan untuk bagian tersebut harus diperhatikan antara lain jangan mencuci komponen roda, baik cakram, kaliper, ataupun pelek mobil saat masih berada di kondisi suhu panas setelah perjalanan jauh. Sebaiknya tunggu hingga kondisi suhu sudah lebih normal atau menurun.
Perawatan area roda perlu diperhatikan secara rutin, terutama jika kendaraan yang digunakan sering melalui genangan air. Pastikan cakram dan pelek bebas dari debu, terutama kotoran yang biasa terakumulasi akibat sisa gesekan kampas rem.
“Mencuci rem cakram dan pelek cukup mudah. Layaknya ritual mencuci mobil. Sebab kotor di pelek karena debu itu mudah dibersihkan jika sering dicuci. Apalagi kebanyakan pelek saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat,” kata Rafi’i.